PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Teguh Santoso(1*), Dwi Priyo Utomo(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan rancangan korelasional jenis penelitian expost facto. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes.  Lembar angket yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu lembar angket kecerdasan matematis-logis dan lembar angket kemandirian belajar. Tes digunakan mendapatkan data hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan uji-F. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan matematis-logis secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kemandirian belajar siswa juga secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Tidak ada pangaruh kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the positive influence of mathematical-logical intelligence and learning independence on mathematics learning outcomes. This research uses a quantitative approach, with a correlational design of ex post facto research. Sampling in this study was carried out by proportional random sampling. Data collection techniques in this study were questionnaire and test. The questionnaire sheet used in this study was divided into two, namely the mathematical-logical intelligence questionnaire sheet and the learning independence questionnaire sheet. The test is used to get data on learning outcomes in mathematics. Data analysis techniques using the F-test. The results of the analysis of research data indicate that mathematical-logical intelligence partially has no significant effect on student learning outcomes. Student learning independence is also partially there is no significant effect on mathematics learning outcomes. There is no effect of logical-mathematical intelligence and learning independence on mathematics learning outcomes.


Keywords


Mathematical-logical; learning independence; learning outcomes

References


Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389.

Lai, Y., Zhu, X., Chen, Y., & Li, Y. (2015). Effects of Mathematics Anxiety and Mathematical Metacognition on Word Problem Solving in Children with and without Mathematical Learning Difficulties. PLoS One, 10(6), 1–19.

Lestari, I. (2017). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.

Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula In Norway And Finland : The Role Of Learning Outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344.

Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83.

Rohmah, F. A. N., & Maknunah, J. (2019). The Effect of Logical-Mathematical Intelligence And Learning Independence On Learning Outcomes of Mathematics. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(1), 1–14.

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 105–114.

Suid, Syafrina, A., & Tursinawati. (2017). Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70–81.

Sumantri, M. S., & Satriani, R. (2016). The Effect of Formative Testing and Self- Directed Learning on Mathematics Learning Outcomes. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(3), 507–524.

Supardi. (2014). Peran Kedisiplinan Belajar Dan Kecerdasan Matematis Logis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 4(2):, 4(2), 80–88.

Triwinarni, D., Fauzi, & Monawati. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16–29.

Utami, D. S., & Nawawi, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 92–101.

Zulfairanatama, G., & Hadi, S. (2013). Kecerdasan Logika-Matematika Berdasarkan Multiple Intelligences Terhadap Kemampuan Matematika Siswa SMP Di Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.