KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS FIELD INTERMEDIATE DALAM MENYELESAIKAN SOAL ETNOMATEMATIKA

Himmatul Ulya(1*), Ratri Rahayu(2),

(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas Muria Kudus
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Intermediate (FDI) dalam menyelesaikan soal etnomatematika di SD 1 Muhammadiyah Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas III SD 1 Muhammadiyah Kudus yang memiliki gaya kognitif FDI. Tiga siswa tersebut tergolong dalam FDI lemah, sedang, dan kuat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis yang mengacu pada Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Jawaban siswa pada TRM dianalisis dan subjek penelitian diwawancara sebagai triangulasi. Langkah selanjutnya yaitu menganalisis data kemampuan representasi siswa dari subjek FDI. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa profil representasi matematis siswa FDI tergolong baik, tetapi masih banyak kendala yang dihadapi. dalam representasi visual, siswa belum dapat menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi ke representasi tabel; dalam representasi simbolik, siswa belum dapat membuat konjektur dari suatu pola bilangan; dan dalam representasi verbal, siswa belum dapat membuat situasi masalah berdasarkan data atau representasi yang diberikan, dan belum dapat menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata.

 

Abstract

This study aims to analyze the mathematical representation ability of students with the Field Intermediate (FDI) cognitive style in solving ethnomathematics problems at SD 1 Muhammadiyah Kudus. This research is a qualitative descriptive study. The research subjects were three third grade students of SD 1 Muhammadiyah Kudus who had FDI cognitive styles. The three students were classified as low, medium, and high FDI. Data analysis in this study uses technical analysis that refers to Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Students' answers on TRM were analyzed and research subjects were interviewed as triangulation. The next step is to analyze the student's representation ability data from the subject of FDI. The results of the study showed that the FDI students' mathematical representation profile was good, but there were still many obstacles encountered. in visual representation, students have not been able to restate data or information from a representation to the table representation; in symbolic representation, students have not been able to make a conjecture of a number pattern; and (3) in verbal representations, students have not been able to create problem situations based on data or representations provided, and have not been able to arrange steps to solve mathematical problems with words.


Keywords


field intermediate; gaya kognitif; kemampuan representasi matematis; soal etnomatematika.

References


Akramunnisa, Tahmir, S., & Dassa, A. (2017). Ability Analysis Based on Math Problem Completing The Early Math Skills And Cognitive Style on Class VIII SMPN 13 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 5(1), 14–26.

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics : A Lesson From The Baduy Culture. Journal of Education and Research, 2(10), 681–688.

Azizah, L. N., Junaidi, I., & S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 355–365.

Brown, E., Brailsford, T., Fisher, T., Moore, A., & Ashman, H. (2006). Reappraising Cognitive Styles in Adaptive Web Applications. Proceedings of the 15th International World Wide Web Conference (WWW’06), 327–335. https://doi.org/10.1145/1135777.1135827

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(2), 1–10.

Handayani, H., & Juanda, R. (2018). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumedang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 443–448.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Iinfinity, 1(1), 90–103.

Kozhevnikov, M. (2007). Cognitive Styles in the Context of Modern Psychology: Toward an Integrated Framework of Cognitive Style. Psychological Bulletin, 133(3), 464–481. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.3.464

Mahardiyanti, T. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SDN Bader 01 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 142–149.

Manurung, O., & Kartono. (2016). Keterampilan Penalaran Induktif Deduktif dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran CTL Berbasis Hands On Activity. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 155–165.

Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43–56.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Pedagogia, 2(1), 71–83.

OECD. (2019). PISA 2018 Results.

Permata, J. I., Sukestiyarno, Y. L., & Hindarto, N. (2017). Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas Pembelajaran CPS dengan Asesmen Diagnostik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 233–241.

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118.

Saiman. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam belajar Statistik Khususnya pada Histogram. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 231–240.

Sari, Y. M., Juniati, D., & Lukito, A. (2014). Profil Penalaran Siswa SD dalam Membuktikan Konservasi Luas Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Dikma, 2(4), 29–32.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektivitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176.

Siswono, T. Y. E. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding SNPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta:, 1–12.

Syahid, M., & Noviartati. (2019). Representasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Visualizer-Verbalizer dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS. Jurnal Gantang, 4(1), 49–59.

Tyas, W. H., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Representasi Matematis Siswadalammenyelesaikan Masalah Matematikapada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 781–792.

Ulya, H., Kartono, & Retnoningsih, A. (2014). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed From Students’ Cognitive Style. International Journal of Education and Research, 2(10), 577–582.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika, 2(1), 16–23.

Wati, M. K., & Sujadi, A., A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Prisma, 6(1), 9–16.

Yousefi, M. (2011). Cognitive Style and EFL Learners’ Listening Comprehension Ability. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(1), 78–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.