PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU DONGENG BERBASIS SAINSMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Imroatun Nurhidayah(1*), Muhammad Nur Wangid(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan produk bahan ajar berupa buku dongeng berbasis sainsmatika yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development oleh Borg & Gall (1983) yang meliputi 10 (sepuluh) langkah, diantaranya: studi pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi produk hasil uji coba, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji coba, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan diseminasi & implementasi. Setelah dilakukan validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, dari skala penilaian 0-100, skor rerata hasil penilaian ahli media yaitu 87,75; ahli materi 80; dan ahli bahasa 86,6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku dongeng berbasis sainsmatika yang dikembangkan terkategori “sangat baik” dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Produk juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep setelah dilakukan uji pelaksanaan lapangan dengan membandingkan gain skor tes pemahaman konsep sains dan matematika siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan gain skor tes pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen I sebesar 0,75; kelas eksperimen II sebesar 0,72; dan kelas kontrol sebesar 0,52. Gain skor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulannya, buku dongeng berbasis sainsmatika layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sains dan matematika di kelas IV SD.

 

 


Keywords


dongeng; pemahaman konsep; sainsmatika

References


Andersone, R. (2009). Through Fairy-Tales to Math in The Lessons. Acta Didactica Napocensia, 2 (2).

Andes, S. A., Waluya, & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. 7 (2). Universitas Negeri Semarang.

Antari, L. (2015). Penggunaan Bahan Ajar Tematik Pembagian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas II A MI Ahliyah II Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP UM Metro, 4 (2): 22-29.

Furner, J. M. (2017). Using Fairy Tales and Children’s Literature in The Math Classroom: Helping All Students Become Einstein’s in a STEM World. Journal of Advances in Education, 2 (2): 103 – 113.

Haryanti, F. & Saputro, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantu Flipbook Maker untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 147-161.

Johnson, L. V. The Positive Impacts of Fairy Tales for Children. Hohonu, 14: 77-81.

Orde, H. V. (2007). Children Need Fairy Tales Bruno Bettelheim’s The Uses of Enchantment. Televizion Journal 26 /2013/E.

Purnama, E., Astuti, E. P., & Maryam, I. (2019). Buku Dongeng Elektronik sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 323-329.

Ridwan, M. (2016). Ajaran Moral dan Karakter dalam Fabel Kisah dari Negeri Dongeng Karya Mulasih Tary (Kajian Sastra Anak sebagai Bahan Ajar di Sekolah Dasar). Premiere Educndum, 6 (1): 95-109.

Rokhmawati, A., Asih, I., & Pamungkas, A.S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. Supremum Jurnal of Mathematics Education (SJME), 3 (2): 85-95.

Sari, V. K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Kelas 1 SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) 3 (1), 1 – 12.

Widiatmoko, I. (2011). Super Speed Reading: Metode Lengkap dan Praktis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.