ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP

Dede Pranitasari, Novisita Ratu

Abstract


Keberhasilan siswa yang kurang optimal terhadap literasi matematika dalam PISA tentunya dikarenakan siswa mengalami kesulitan sehingga menyebabkan kesalahan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten change and relationship. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Tuntang dengan jenis kesalahan terbanyak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kesalahan yang dilakukan oleh ketiga subjek dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten change and relationship berdasarkan NEA (Newman’s Error Analysis) pada soal nomor 1, 2, dan 3 adalah kesalahan dalam memahami soal (comprehension), kesalahan dalam mengubah permasalahan pada soal ke bentuk matematika (transformation), dan kesalahan dalam menuliskan atau menyimpulkan hasil akhir (encoding). Kesalahan tersebut terjadi dikarenakan untuk menyelesaikan soal membutuhkan penalaran yang tinggi sehingga subjek mengalami kesulitan, kebingungan, dan kurang berminat baik dalam menyaring informasi atau menyelesaikan soal sesuai dengn prosedur matematika yang relevan.

The success of the non-optimal students toward mathematics literacy in PISA is absolutely caused by the difficulties they had in which provoked failures and mistakes. Hence, this study investigated the types of mistakes that were done by senior high school students in doing PISA’s mathematics questions, especially in ‘change and relationship’ content. It is a descriptive qualitative study. The participants of the study were students from X Math and Science 3 of SMA Negeri 1 Tuntang with the most plenteous types of mistakes. The data were collected from tests and interview sessions. The results of this study showed that the mistakes which were done by three subjects in doing PISA’s mathematics questions written in ‘change and relationship’ content based on NEA (Newman’s Error Analysis) number 1, 2, 3 were generally the failure in comprehending questions (comprehension), the failure in changing problems mentioned in the questions into mathematic format (transformation), and the failure in writing or concluding the final results (encoding). These errors occur because solving problems requires high reasoning so that the subject experience difficulty, confusion, and is not interested in both filtering information or solving problems in accordance with relevan mathematical prosedures.

Keywords


change and relationsip; kesalahan; PISA

References


Ambarwati, B., Hoerniasih, N., & Abadi, A. P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar (Change And Relationship) PISA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2018, 1(1), 563–571. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Cahyanto, M. N. (2017). Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Memecahkan Soal Matematika Model Pisa Konten Space and Shape. Univesitas Muhammadiyah Surakarta, http://eprints.ums.ac.id/53280/11/Naskah Publikasi.pdf

Dana Kelly, H. X. C. W. N. F. J. J. Y. C. D. K. (2013). PISA 2012 Data Tables, Figures, and Exhibits. 1–92.

Djadir, Awi, & Sulhijrah. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Issues in Mathematics Education, 2(2), 112–118.

Elsa, S., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, November 2017, 30–35.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52.

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70

Kristianto, E., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2019). Analysis of Students’ Error in Proving Convergent Sequence using Newman Error Analysis Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 1180(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1180/1/012001

Mursalin, Fauzi, & Israwati. (2013). Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Pemecahan Masalah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Journal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 38-44.

Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745

Murtiyasa, B., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2020). Profile of Students’ Error in Solving Mathematics Word Problems Based on PISA Frameworks. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 467 Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 467(Semantik 2019), 135–137. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.131

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CBO97811107415324.004

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Sholihah, D., Purnomo, E. A., Aziz, A., & Ampuni, D. (2019). Analisis Kesalahan Soal Pisa Konten Ruang Dan Bentuk. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS, 221–230.

Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Trapsilo, T. E. B. (2016). Analisis Kesalahan Menurut Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas IX SMP N 1 Banyubiru. Universitas Kristen Satya Wacana. Diakses Tanggal 19 Maret 2019 Dari http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9775.

Wati, Erna Hartika, Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Pisa Pada Konten Change and Relationship. Prosiding, Knpmp I, 199–209. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6959/21_77_Makalah Rev Erna Hartika Wati.pdf;sequence=1

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Allan Leslie White Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148.

Wilkens, H. J. (2011). Textbook approval systems and the Program for International Assessment (PISA) results: A preliminary analysis. Journal Hendrianne J.Journal Hendrianne J. Wilkens, 474(2), 63–74.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: