PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI META ANALISIS

Aryo Andri Nugroho, Ida Dwijayanti, Prasetyo Yuda Atmoko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis penemuan dan model pembelajaran berbasis lingkungan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika selama 4 tahun terakhir (2016-2019) di area Jawa Tengah. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis dan instrumen penelitian berupa pedoman observasi (langkah-langkah model pembelajaran berbasis penemuan dan lingkungan, indikator pemecahan masalah) dan rincian sumber data. Prosedur yang dilakukan pada penelitian ini yaitu : 1) Menetapkan domain penelitian yang akan dirangkum. 2) Memilih jenis publikasi yang dikumpulkan. 3) Mengumpulkan hasil penelitian atau literature. 4) Mencatat data-data penelitian. 5) Menghitung effect size setiap sumber atau penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada model pembelajaran berbasis penemuan yaitu nilai effect size pada tahun 2016 sebesar 0,941, tahun 2017 sebesar 0,777, tahun 2018 sebesar 0,712 dan tahun 2019 sebesar 0,618. Sedangkan pada model pembelajaran berbasis lingkungan yaitu nilai effect size pada tahun 2016 sebesar 1,177, tahun 2017 sebesar 1,866, tahun 2018 sebesar 1,070 dan tahun 2019 sebesar 0,866. Selama tahun 2016-2019 rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran berbasis penemuan yang ditunjukkan dengan rata-rata effect size model pembelajaran berbasis penemuan sebesar 0,762 dan model pembelajaran berbasis lingkungan sebesar 1,245


Keywords


Effect size, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Meta analisis, Model pembelajaran berbasis penemuan, Model pembelajaran berbasis lingkungan

References


Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355-360.

Anggreni, Y. D., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Pillar Of Physics Education, 12(4).

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

DeCoster, J. (2004) Meta-Analysis Notes.University of Alabama,USA.

Dwianjani, N. K. V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 153-166.

Fitriani, N. (2012). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Secara Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Tesis UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Glass, G. V., McGaw, B., and Smith, M. L. 1981. Meta-analysis in Social Research. Beverly Hills (California) : Sage Publications. Inc.

Gustika, R., Sakti, I., & Putri, D. H. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning Model) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Di SMAN 3 Bengkulu Tengah. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 1-6.

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47-57.

Nismawati, N., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lingkungan. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1).

Nugroho, A.A., & Dwijayanti, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Program Linier. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 10 (2), 277-284.

Permendiknas (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendiknas-Depdiknas.

Polya, G. (1973). How to solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Posamentier, A. & Krulik, S. (2009). Problem solving in mathematics grade 3-6. USA: Corwin.

Purwati, H., Wuri, D.E., Nugroho, A.A., & Dwijayanti, I. (2017). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dan Kompetitif Di Jawa Tengah Dalam Tiga Tahun Terakhir. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK).

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171-179.

Rangkuti, M. A., & Sani, R. A. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Menyelesaikan Masalah Fisika Pada Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Inkuiri. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(3).

Sembiring, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Beberapa Model Pembelajaran. INA-Rxiv preprints. https://doi.org/10.31227/osf.io/vfuj4

Setiawan, H., Setiany, E. P., Andiarani, M., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Model Pembelajaran Inquiry Guided. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1739-1745.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suryany, N., Anwar, M., & Danial, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadapkesadaran Metakognisi Dan Penguasaan Konsep Larutan Penyangga Pada Peserta Didikkelas XI IPA SMAS Makassar Raya. Chemistry Education Review (CER), 100-116.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijyanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.

VanGundy, A. (2005). 101 activities for teaching creativity and problem solving.San Fransisco: Pfeiffer.

Wahyuningsih, S. S., Darmayanti, T., & Bintarti, A. (2019). Meta Analisis Tutorial Online Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 32-38.

Widayati, W., Suyono, S., & Rahayu, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Concept Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Wuryastuti, S., & Ni'mah, I. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: