KONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBUATAN MEDIA MANIPULATIF TERINTEGRASI TEKNOLOGI

Siti khoiruli Ummah(1*), Rizal Dian Azmi(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan tinjauan konstruksi konsep matematika melalui pembuatan media pembelajaran manipulatif terintegrasi teknologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan data kualitatif berupa deskripsi media pembelajaran matematika manipulatif yang memenuhi prinsip konstruksi matematika. Adapun prosedur penelitian ini dilakukan melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek berupa pembuatan media manipulatif terintegrasi teknologi sehingga data kualitatif yang diperoleh berupa deskripsi hasil di setiap tahapan penyelesaian proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 87% media manipulatif telah memenuhi aspek konstruksi konsep matematika diantaranya menemukan rumus, membedakan contoh dan bukan contoh serta mengidentifikasi unsur pembentuk konsep matematika. Media manipulatif terintegrasi teknologi dalam bentuk penggunaan gadget untuk mendukung latihan soal dan memenuhi prinsip konstruksi konsep matematika dalam bentuk adanya interaksi siswa dan kemandirian dalam menyusun pengetahuan matematika.

 

Abstract

The study aimed to describe the overview of the construction of mathematical concepts through the creation of a learning manipulative integrated technology. The research method used descriptive using qualitative data in the form of a description of learning media math manipulative that reached the principles of construction math.As for the procedure this research was conducted through the approach of project-based learning in the form of making manipulative-integrated technology so that the qualitative data obtained in the form of the description of the results in each stage of the completion of the project. The results of this study shows as many as 87% of the manipulative media has fulfilled the aspects of the construction of mathematical concepts among them to find the formula, set an example and not an example as well as identify the elements forming the concept of mathematics. Manipulative Media that integrated technology in the form of the use of the gadget to support practice and meet the principles of construction of mathematical concept in the form of the absence of student interaction and independence in compiling the knowledge of mathematics.


Keywords


Konsep matematika; konstruksi; media manipulatif matematika; teknologi

References


Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. (2010a). Using Manipulatives to Teach Elementary Mathematics. Journal of Instructional Pedagogies, 3(1), 1–10.

Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. (2010b). Using manipulatives to teach elementary mathematics. Journal of Instructional Pedagogies, 3(1), 1–10. Retrieved from http://www.aabri.com/manuscripts/10451.pdf

Firdayati, L. (2019). Penggunaan Model Elpsa Dengan Bantuan Alat Peraga Geoboard Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 133–145. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1767

Furner, J. M., & Worrell, N. L. (2017). The importance of using manipulatives in teaching math today. Transformations, 3(1), 2.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hidayah, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. In PRISMA, Prosiding Smeinar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 1–11).

Kontas, H. (2016). The Effect of Manipulatives on Mathematics Achievement and Attitudes of Secondary School Students. Journal of Education and Learning, 5(3), 10. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p10

Larbi, E. (2016). The Use of Manipulatives in Mathematics Education. Journal of Education and Practice, 7(36), 53–61. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8

Larbi, E., & Mavis, O. (2016). The Use of Manipulatives in Mathematics Education. Journal of Education and Practice, 7(36), 53–61.

Mumu, J. (2017). Construction and reconstruction concept in mathematics instruction Construction and reconstruction concept in mathematics instruction. In Journal of Physics: Conference Series 943 (pp. 0–7).

Nugrahani, R. (2011). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44. https://doi.org/10.1016/j.arcontrol.2012.09.004

Padmavathy, R. D., & Mareesh.K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e – Journal, 2(I), 45–51.

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikan. In Seminar Nasional Pendidikan (pp. 121–126). Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Bayu-Aji-Pangestu.pdf

Prasetya, Y. E. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Kwartet Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Segitiga Dan Segiempat. MATHEdunesa, 5(1).

Prayitno, B. A., & Sugiharto, B. (2013). Prototipe Model Pembelajaran Konstruktivis-Kolaboratif Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Akademik Bawah. In A. Saputra (Ed.), Proceeding Biology Education Conference (pp. 1–11). Surakarta: UNS. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6356/5740

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Sayidiman. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 36–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1583

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Supardan, H. D. (2016). Teori Dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.

Susilowati, N. (2014). Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Pos Paud Melati Kecamatan Regol Kota Bandung) Nenden Susilowati. Empowerment, 4(2252), 152–161.

Swan, P., & Marshall, L. (2010). Revisiting mathematics manipulative materials. Australian Primary Mathematics Classroom, 15(2), 13–19.

Umbara, U. (2017). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 31–38.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.