KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN PERBEDAAN GENDER

Dian Purwaningsih(1*), Anwar Ardani(2),

(1) 
(2) Universitas Peradaban
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis materi eksponen dan logaritma siswa kelas X ditinjau dari gaya belajar dan perbedaan gender. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al Huda Bumiayu Tahun 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas X TKJ 2 SMK AL Huda Bumaiyu. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan tes. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh VP tidak dapat melaksanakan rencana dan tidak dapat memeriksa kembali proses dan hasil. Sedangkan VL tidak dapat memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, serta tidak dapat memeriksa kembali proses dan hasil, namun VP mempunyai ciri-ciri rapi dan teratur dibandingkan dengan VL. AP dan AL tidak dapat melaksanakan rencana dengan baik, keduanya mempunyai ciri-ciri merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita. KP dan KL tidak dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dengan baik dan tidak dapat memeriksa kembali proses dan hasil, keduanya mempunyai ciri-ciri tidak mudah mengingat dan berbicara dengan perlahan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa setiap siswa dapat menyelesaikan permasalah pada suatu persoalan matematika dengan kemampuan yang dimilikinya, dikarenakan siswa tersebut memiliki karakteristik gaya belajar yang berbeda-beda.

Abstract

This study aims to describe the mathematical problem solving ability of exponents and logarithms of class X students in terms of learning styles and gender differences. This type of research used in this research is qualitative research. This research was conducted at Al Huda Bumiayu Vocational School in 2019/2020. The subjects of this study were Class X TKJ 2 Students of SMK AL Huda Bumaiyu. Data collection instruments used were observation, questionnaire, interview and test. The results of the problem-solving ability test were obtained by VP unable to carry out the plan and unable to re-examine the process and results. While VL cannot understand problems and plan solutions, and cannot re-examine processes and results, VP has neat and orderly characteristics compared to VL. AP and AL cannot carry out the plan properly, both have the characteristics of having difficulty writing but are great at storytelling. KP and KL cannot understand the problem, plan the solution, carry out the plan properly and cannot re-examine the process and the results, both of which have characteristics that are not easy to remember and speak slowly. The conclusion in this study is that each student can solve problems on a mathematical problem with the ability he has, because these students have different learning style characteristics.


Keywords


Exponents; learning style; gender; logarithms; mathematical problem solving

References


Akhyar, M. K., & Rokhmah, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pokok Bahasan PLDV. JES-MAT Vol. 4, No. 2, 141-152.

Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Dikdaktik Matematika Vol. 6, No. 2, 161-178.

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Inrdalaya Utara. Jurnal Elemen, Vol. 3 No. 1, 25-34.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL KEPENDIDIKAN, Vol. 44, No. 2, 168-174.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek Vo. 8, No. 1, 77-84.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2012). Quantum Learning "Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan". Bandung: Kaifa.

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 553-558). Yogyakarta: Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Iriani, D., & Leni, M. (2013). Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VII SMPN 2 Kerinci. Semirata FMIPA (pp. 109-114). Lampung: Universitas Lampung.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica Vol. 09, No. 01, 1-7.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 9, No.2, 139-148.

Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menurut Polya pada Materi Transformasi Linier. Jurnal Penidikan Surya Edukasi Vol.5, No.1, 69-76.

Riastini, P. N., & Mustika, I. A. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. International Journal of Elementary Education Vol.1, No. 3, 189-196.

Soenarjadi, G. (2014). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa MTs Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar dan Perbedaan Gender. Jurnal Widyaloka IKIP Widyadarma Surabaya Vol. 1, No.2, 162-175.

Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar SIswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika Vol. 4 No. 1, 67-76.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 4, No. 2, 166-175.

Zahriah, H., M., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMA 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 151-161.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.