ANALISIS KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP DAN MTS DI KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK
(1) 
(2) Universitas Islam Raden Rahmat Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru matematika dalam menerapkan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini adalah metode studi kasus. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika yang berjumlah 8 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 pada 4 sekolah masih belum baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis pada 4 sekolah bahwa guru mengalami kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Kesulitan-kesulitan yang dialami guru antara lain (1) guru kurang mampu mengemangkan kegiatan apersepsi, (2) pengembangan kegiatan ini, (3) kurang adanya kreatifitas dalam menerapkan metode pembelajaran sehingga metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, (4) pembelajaran tidak mengacu pada RPP kurikulum 2013.
Abstract
This study aims to analyze the difficulties of mathematics teachers in applying the 2013 curriculum. This type of research is a qualitative descriptive study. This research method is a case study method. The research subjects were 8 mathematics subject teachers. Data collection techniques used observation, interviews, documentation, and field notes. Data analysis techniques were data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the implementation of the 2013 curriculum in 4 schools is still not good. This can be seen from the results of the analysis in 4 schools that teachers have difficulty implementing the 2013 curriculum scientific approach. Difficulties experienced by teachers include (1) teachers are less able to develop apperception activities, (2) development of these activities, (3) less there is creativity in applying the learning method so that the method used by the teacher is the lecture method, (4) learning does not refer to the 2013 curriculum lesson plan..
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Armiati. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Sebagai Sarana Melakukan Revolusi Mental Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 74-85.
Darnius, S. (2016). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Saintifik dikelas Tinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(1), 40-48.
Erny, Haji, S., & Widada, W. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kepahing. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 12-25.
Kamaliyah. (2016). Mendesain dan Melaksanakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 114-125.
Kusnadi, D., dkk. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makasar. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 123-135.
Ratumanan, T. G., & Tetelepta, Y. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada SMA Negeri 1 Masohi. Jumadika Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 25-34.
Rusindrayanti, & Santoso, R. H. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 DIY. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 80-94.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.
Suhartanti. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X MAN 3 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 4(2), 56-66.
Surya, O. L. A., dkk. (2016). Analisis Kesulitan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Ekonomi, 5(8), 1182-1190.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2465
Refbacks
- There are currently no refbacks.