ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI LINGKARAN
(1) Universitas Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII beserta penyebabnya dalam menyelesaikan soal materi lingkaran berdasarkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis materi keliling dan luas lingkaran serta pertanyaan terbuka terkait pandangan siswa mengenai soal berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis materi lingkaran yaitu kesalahan mengenai konsep unsur-unsur lingkaran, salah dalam menentukan yang diketahui dari soal, sulit menyelesaikan soal dengan lebih dari satu cara, kesalahan dalam perhitungan, dan salah dalam menentukan rumus; 2) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis materi lingkaran yaitu kurang memahami dan tidak mengingat materi lingkaran, siswa belum paham konsep dasar pada materi sebelumnya, siswa tidak paham maksud soal, siswa kesulitan melihat kaitan antar materi pada matematika serta menghubungkannya.
Abstract
This research aims to describe various kinds and factors causing of student mistakes in solving the problem of the circle in eight grade based on mathematical creative thinking abilities. This research was qualitative research. Data collection methods used were the test of mathematical creative thinking abilities of circumference and area of the circle, and interview about students’ views on mathematical creative thinking problems. The result of this study are: 1) various kind of student’s mistake i.e. errors regarding the concept of circle, errors in getting information from the problem, can not find the multiple problem solving, errors in calculations, and use the wrong formula; 2) the cause of students making mistakes in solving the problem of circle based on mathematical creative thinking abilities i.e. lack of understanding and not remembering circle matter, did not understand prerequisite matter, did not understand the problem, can not find the relationships between mathematical concept.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewi, S. I. K. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar Smp Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 195–202.
Fatoni, A., & Ainin, I. K. (2019). Identifikasi Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar Negeri Inklusi Surabaya Timur. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1–11.
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika, 1(2), 30–42. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2059
Lisa. (2017). Interpretasi Dan Analisis Hasil Jawaban Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Lhokseumawe Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Sarwah, 1(1).
Mutia. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan Alternatif Pemecahannya. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107
Nursalam. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Siswa SD/MI di Kota Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1
Pradana, P. H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT & STAD Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Gammath, I(2), 9–17.
Safaria, S. A., & Sangila, M. S. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kendari Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 73–90.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Solfitri, T., Siregar, H. M., & Syari, R. (2019). The Analysis of Students ’ Errors in Using Integration Techniques. Proceeding of the SS9 & 3rd URICES, (2), 978–979.
Utami, A. S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan komposisi fungsi di SMK Bakti Purwokerto. Alphamath, 3(2), 48–56.
Utami, N. W. (2011). Optimalisasi Sumber Belajar Dalam Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Matematika. Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika : Matematika Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran, 7, 366–375. Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2379
Refbacks
- There are currently no refbacks.