MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
(1) STKIP Singkawang
(2) STKIP Singkawang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, keterlaksanaan model Student Facilitator and Explaining, dan aktivitas belajar siswa . Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 6 Singkawang . Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan: 1) Adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran SFE dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2) Pengaruh model pembelajaran SFE terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong tinggi; 3) Keterlaksanaan model SFE dikategorikan sangat baik; 4) Aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sangat aktif.
Abstract
This study aims to understand the interaction of the Facilitator and Student Explanation (SFE) models to students' mathematical concept understanding abilities, the implementation of the SFE model, and student learning activities.This research is an experimental research design with nonequivalent posttest-only control group design. The population in this study is all class VIII. Samples were taken by cluster random sampling technique. As the selected sample consists of two classes, namely class VIIIA as an experimental class and class VIIIB as a control class. The results of the analysis show:1) There is a difference in the ability to understand students' mathematical concepts between classes using the SFE learning model and classes using the direct learning model;2) The effect of the SFE learning model on students' mathematical concept understanding ability is high;3) The implementation of the SFE model is categorized very well; 4) Student learning activities as a whole are very active.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Eksakta, 1(1) 1-12.
Darwis, A., Maris, I. M., & Zulmardi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Mtsn Pasir Lawas. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 77-78.
Isrotun, U. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Realistik (PTK Pada Siswa Kelas VIIIH Semester Genap MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2013/2014). Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Marthafera, P., Melati, H. A., & Hadi, L. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal FKIP Untan Pontianak, 7(1), 1-9.
Mulyani, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(1) 29-34.
Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Tematik Realistik di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82-90.
Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: BSNP
Purnitawati, D. (2011). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining dengan Menggunakan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di SD No 1 Beratan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.
Purwaningsih, A. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahmayanti, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematik siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.
Sujuni, A., Jamal, M.A., & Suyidno. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 31-42.
Widyawati, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Jurnal Pendidikan Matematika Al-jabar, 7(2) 267-274.
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 53-60.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365