PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
(1) STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
(2) STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
(3) STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui kualitas lembar kerja siswa (LKS) dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKS yang dikembangkan meliputi angket ahli dan angket kepraktisan siswa. Angket ahli digunakan untuk mengukur kevalidan LKS sedangkan angket kepraktisan siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan LKS. Produk penelitian berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 3,08 berdasarkan penilaian tiga dosen ahli (ahli bahasa, materi dan media) dengan skor maksimal 4,00; dan kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan praktis dengan skor rata-rata 3,40 berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKS.
Abstract
This study aims to develop teaching materials in the form of Problem Based Learning Based Worksheets on the material to construct solid geometry and to determine the quality of student worksheet seen from the aspects of validity and practicality. This research is a development research that refers to the ADDIE development model, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The subjects in this study were eighth grade students of SMP Negeri 11 Lubuklinggau. The instruments were used to measure the quality of worksheets developed include expert questionnaires and student practicality questionnaires. Expert questionnaires were used to measure the validity of student worksheet while the student practicality questionnaire was used to measure the practicality of student worksheet. The research products are in the form of Problem Based Learning Based Student Worksheets in the VIII grade solid geometry material. The results of the study show that the quality of teaching materials seen from the validity aspect is included in the valid category with an average score of 3.08 based on the assessment of three expert lecturers (linguists, material and media) with a maximum score of 4.00; and the quality of teaching materials seen from the practicality aspect is categorized as practical with an average score of 3.40 based on the results of student responses to student worksheet.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65-74.
Anwar, R. (2014). Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Humaniora, 5(1), 97-106.
Ermi, N. (2017). Penggunaan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 15 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 37-45.
Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1-18.
Jayanti, M., & Wiratomo, Y. (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. Jurnal SAP, 2(1), 22-32.
Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1(1), 47-63.
Saraswati, A. M., & Nuryani, C. E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berdasarkan Model Pembelajaran Guided Discovery. Jurnal Aksioma, 9(1), 97-112.
Setiawan, A., & Wariin B, I. (2017). Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic, 5(1), 17-32.
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271.
Wahyuni, R., & Efuansyah. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Wite (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36.
Wasonowati, R. R., Redjeki, T., & Ariani, S. R. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum-hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66-75.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zulfah. (2017). Tahap Prelimary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360
Refbacks
- There are currently no refbacks.