ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA STATISTIKA
(1) IKIP Mataram
(2) IKIP Mataram
(3) IKIP Mataram
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan soal cerita statistika ditinjau dari segi pemahaman soal dan strategi yang digunakan oleh siswa dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Subjek yang terlibat sebanyak 13 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Mataram, di mana 8 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 5 lainnya berjenis kelamin perempuan. Data dikumpulkan melalui instrumen soal pada materi statistika sub pokok bahasan mengenai rata-rata dari suatu data. Analisis data dilakukan secara kualitatif pada lembar jawaban setiap subjek dengan fokus dalam menggambarkan dua bagian utama dari tahapan Polya, yaitu tahapan pemahaman soal dan strategi yang digunakan dalam menjawabnya dibantu dengan indikator proses berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek memiliki proses berpikir semikonseptual baik dari segi pemahaman maupun strategi yang digunakan, sedangkan hanya satu orang subjek yang memiliki proses berpikir konseptual.
Abstract
This study aims to describe the students' thought processes in solving statistical story problems in terms of understanding the questions and strategies used by students in solving these problems. The subjects involved were 13 students of the Mathematics Education Study Program IKIP Mataram, in which 8 of them were male and 5 were female. Data is collected through a matter of statistical instruments sub subject matter about the average of a data. Data analysis was carried out qualitatively on the answer sheets of each subject with a focus on describing the two main parts of the Polya stage, namely the stage of understanding the questions and the strategies used in answering them assisted with thought process indicators. The results showed that most subjects had a semiconceptual thought process both in terms of understanding and the strategies used, while only one subject had a conceptual thinking process.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).
Cai, J., & Lester, F. (2010). Why is teaching with problem solving important to student learning. National council of teachers of mathematics, 13(12), 1-6.
Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of critical thinking on performance in mathematics among senior secondary school students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education, 3(5), 18-25.
Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42-52.
Hartono, Y. (2014). Matematika strategi pemecahan masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan, 1.
Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil berpikir siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68-83.
Istiqomah, N. & Rahaju, E. B. (2014). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan gaya kognitif pada materi bangun ruang sisi lengkung. MATHEdunesa, 3(2).
Kafiar, E., Kho, R., & Triwiyono, T. (2015). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLTV ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1).
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newmans Error Analysis In Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(1), 37-51.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Marlina, L. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 43-52.
Nafi'an, M. I. (2017). ANALISIS BERPIKIR KONSEPTUAL, SEMIKONSEPTUAL DAN KOMPUTASIONAL SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(2), 72-78.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71-83.
Ramalisa, Y. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01).
Retna, M., & Mubarokah, L. (2013). Suhartatik. 2013. Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau berdasarkan kemampuan matematika (The student thinking process in solving math story problem). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(2), 71-82.
Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2012). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang, 1(2).
Rizal, M. (2011). Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Melakukan Estimasi Masalah Berhitung. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA Tanggal (Vol. 14, pp. 19-28).
Safrida, L. N., Susanto, S., & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX SMP Negeri 7 Jember. Kadikma, 6(1).
Sirait, N., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Spltv di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(11).
Siswono, T. Y. E. (2016). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).
Susiana, E. (2010). IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2), 73-82.
Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2270
Refbacks
- There are currently no refbacks.