PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN KALKULUS BERCIRIKAN REPRESENTASI MATEMATIS

Octavina Rizky Utami Putri(1*), Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Kalkulus bercirikan representasi matematis yang valid, praktis dan efektif. Prosedur penelitian terdiri dari penelitian pendahuluan, pembuatan prototipe, dan penilaian. Hasil validasi, observasi, kuesioner, dan tes dianalisis secara kuantitatif dan dijelaskan secara kualitatif. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Kalkulus yang ditandai dengan representasi matematis memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Lembar Kegiatan Kalkulus bercirikan representasi matematis yang telah dikembangkan meliputi: pertanyaan terbimbing untuk menulis ringkasan sehingga memperoleh data representasi verbal, masalah matematika untuk memperoleh data representasi simbol, dan pertanyaan refleksi di akhir Lembar Kegiatan Kalkulus untuk mengukur representasi verbal dan simbolik.

 

Abstract

This study aimed to product Calculus Activity Sheets characterized by mathematical representations that are valid, practical and effective. The research method consisted of preliminary research, prototype making, and assessment. The results of the validation, observations, questionnaires, and tests were analyzed quantitatively and described qualitatively. This research has shown that Calculus Activity Sheets characterized by mathematical representations meet valid, practical and effective criteria. The Calculus Activity Sheets characterized by mathematical representation have been developed was include: guided questions to write summaries so that obtain verbal representation data, mathematical problems to obtain symbol representation data, and reflection questions at the end of Calculus Activity Sheets to measure students' verbal and symbolic representations.


Keywords


Calculus Activity Sheet; Development; Mathematical Representation

References


Astuti, E. P. (2017). Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70–82. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100

Diyarko & Waluya, S. B. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Metakognisi dalam Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Mandiri Mailing Merge. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1).

Fannie, R. ., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linier. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 121–134.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Ismail, A. D., Jamil, A. F., & Putri, O. R. U. (2017). Pengembangan Modul Trigonometri Bercirikan Open-Ended Problem. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7396

Jitendra, A. K. et al. (2016). Is mathematical representation of problems an evidence-based strategy for students with mathematics difficulties? Exceptional Children, 83, 8–25. https://doi.org/10.1177/0014402915625062

Leibovich, T., & Ansari, D. (2016). The Symbol-Grounding Problem in Numerical Cognition: A Review of Theory, Evidence, and Outstanding Questions. Canadian Journal of Experimental Psychology, 70(1), 12–23. https://doi.org/10.1037/cep0000070

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28–33. https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n1.11410.29-34

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1). https://doi.org/10.1063/1.4944618

Purnomo, E.A. & Faturohman, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Ideal Problem Solving Berbasis Maple Matakuliah Kalkulus II. Semarang: Universitas Muhamamdiyah Semarang.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Stalnaker, D., & Zanibbi, R. (2015). Math expression retrieval using an inverted index over symbol pairs. Document Recognition and Retrieval XXII. https://doi.org/10.1117/12.2074084

Tonra, W. S., & Salim, A. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Kalkulus Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. SAINTIFIK, 4(2), 156–166. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i2.181

Zukhrufurrohmah, Sa’dijah, C., & Muksar, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Penemuan Terbimbing dan Berbantuan Aplikasi pada Materi untuk Kelas X SMK. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 137–143.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.