MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Padrul Jana(1*), Amirul Anisa Nur Fahmawati(2),

(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pokok kubus dan balok dengan model Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI Kasihan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu hasil observasi, tes tertulis, dokumentasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII C SMP PGRI Kasihan pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) pencapaian kategori tinggi dalam penerapan model Discovery Learning, (2) hasil nilai rata-rata tes tiap siklus mengalami peningkatan, dan (3) skor tiap aspek pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan.

Abstract

This research aims to improve the ability of the mathematical problem solving of students on the subject matter of the cube and the beams with a model of Discovery Learning. This research was conducted at the SMP PGRI Kasihan. Data collection techniques using observation, test, documentation, and records of the Court. The technique of data analysis in this research is to examine all the data, both qualitative data and quantitative data from a variety of sources that the results of observation and test. Based on the results of the study, it can be concluded that the model of Discovery Learning can improve the ability of mathematical problem solving of students of class VIII C for mathematics learning. The research results obtained as follows: (1) the achievement of the high category in implementation model of Discovery learning; (2) the results of the average value of each test cycle has increased; and (3) score each aspect of problem-solving in mathematics has increased.


Keywords


Discovery Learning; problem solving

References


Artanti, F., & Lestari, T. K. (2017). MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL. In Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II) (pp. 290300). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air Dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 305314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.285

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 7786. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4639

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 9098.

Kusumawati, E., & Khair, M. S. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 213223. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.387

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 7685.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 145157. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Simanungkalit, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 39. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.96

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Usman. (2014). Aktivitas Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Terbuka. Didaktik Matematika, 1(2), 2129.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.