HANDBOOK ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN NILAI-NILAI ISLAM
(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(2) Universitas Muhammadiyah Metro
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar yang layak (valid dan praktis) berbentuk handbook dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai islam pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produk masal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi, lembar angket respon siswa dan lembar angket respon guru. Berdasarkan hasil validasi dengan persentase penilaian dari aspek materi dan bahasa 84,2% dikategorikan sangat valid, aspek agama 81,8% dikategorikan sangat valid, dan aspek desain 78,8% dikategorikan valid, dan rata-rata penilaian validator adalah 81,4% dengan kategori sangat valid. Sedangkan dari hasil uji coba pemakaian diperoleh rata-rata angket respon yang diberikan oleh 1 guru dan 18 peserta didik sebesar 84,3% dikategorikan sangat layak. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka bahan ajar berbentuk handbook dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai islam pada materi aritmatika sosial yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis, menurut validator dan peserta didik.
Kata kunci: Aritmatika sosial; bahan ajar; handbook; nilai-nilai Islam.
Abstract
The purpose of this research is to develop appropriate (valid and practical) teaching materials in the form of a handbook using the Islamic values approach to social arithmetic material. The type of research is research and development (R & D) with steps to use are research and information collecting, planning, develop preliminary from the product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, and dissemination and implementation. Based on the results of the validation with the percentage of assessment from the material and language aspects 84.2% were categorized as very valid, 81.8% religious aspects were categorized as very valid, and 78.8% design aspects were categorized as valid, and the average validator assessment was 81.4% with very valid categories. Whereas from the results of the trial use, the average response questionnaire given by 1 teacher and 18 students at 84.3% was categorized as very feasible. Based on the established criteria, the teaching material in the form of a handbook using the Islamic values approach to social arithmetic material developed meets valid and practical criteria, according to the validator and students.
Keywords: Social arithmetics; teaching material; handbook; Islamic values.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia, 3(1), 1–10.
Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2): 145-158. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.705
Heryuriani, B., & Musdayati. (2020). Pembelajaran Materi Aritmetika Sosial Dengan Pendekatan STEM. INOMATIKA, 2(2): 147-160. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.191
Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2): 182-199. https://doi.org/10.29240/jf.v2i2.310
Khamidah, N. (2013). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Di SD Insan Teladan. Al-Bidayah, 5(1): 47-64. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.52
Khoiriyah, U., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Himpunan Matematika yang Dikaitkan dengan Nilai-Nilai Islam. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3): 315-322. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1142
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Maarif, S. (2015). INTEGRASI MATEMATIKA DAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.85
Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linier Berbasis Nilai-nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4200
Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam pada Materi Aritmatika Sosial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.860
Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. JURNAL PENELITIAN. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651
Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. Journal (Canadian Dental Association). https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Siniguian, M. T. (2017). Students Difficulty in Solving Mathematical Problems Marlon. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Sciences.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ulya, K., & Hayati, Z. (2020). Perkembangan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa melalui Pengintegrasian Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17374
Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro. Urnal IQRA’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165–190. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/download/72/53/
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.2140
Refbacks
- There are currently no refbacks.