EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Agung Putra Wijaya(1*), Tina Yunarti(2), Jamal Ludinsyah(3),

(1) 
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 346 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas. Dari sebelas kelas tersebut diambil satu kelas secara acak sebagai sampel penelitian.Penelitianinimenggunakanone-group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi Segiempat dan Segitiga. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode PQ4R lebih tinggi dibandingkan pemahaman konsep matematis siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan metode PQ4R namun persentase siswa yang memiliki pemahaman konsep terkategori baik tidak lebih dari 60% dari banyaknya siswa yang mengikuti pembelajaran metode PQ4R. Dengan demikian, metode PQ4R tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.


Abstract

This study aimed to find out the effectiveness of the Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) learning method in terms of students' understanding of mathematical concepts. The population of this study was all seventh grade students of SMP Negeri 20 Bandarlampung in the even semester of the academic year of 2018/2019 as many as 346 students that distributed into eleven classes. The sample was taken randomly one class of the eleven classes as the study sample. This study used the one-group pretest-posttest design. The research data was obtained through a essay test of the quadrilateral and triangle. Data analysis of this research used paired t-test. The results showed that students' undestanding of mathematical concepts after taking the PQ4R learning method was higher than students' understanding of mathematical concepts before taking the PQ4R learning method, but the percentage of students who had a good understanding of the mathematical concepts was not more than 60% of the number of students who took PQ4R learning. Thus, PQ4R method was not effective in terms of students' understanding of mathematical concepts.

 


Keywords


PQ4R; understanding of mathematical concepts

References


Ainy, C. (2009). Strategi Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Didaktis. Vol. 8 No. 3 Hal. 1 – 67.

Al-Qawabeh, R. H. & Aljazi, A. A. (2018). The Effectiveness of Using PQ4R Strategy in Teaching Reading Comperehension in Arabic Language Subject among Ninth Grade Students’ Achievement in Jordan. World Journal of Educational Research. Vol. 5 No. 2 Hal. 159 – 171.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Indrawati, T., Riyadi, & Matsuri. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Dikdaktika Dwija Indria. Vol. 2 No. 9 Hal. 1 – 6.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma. Vol. 1 No. 1 Hal. 140 – 144.

Marnita. (2018). The Effect of Using PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Strategy on EFL Students’ Reading Comprehension Achievement. Research in English and Education Journal. Vol. 3 No. 1 Hal. 17 – 24.

Masjaya & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Prisma. Vol. 1 No. 1 Hal. 568 – 574.

Mawaddah, S. & Ratih, M. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 1 Hal. 76 - 85.

Munawaroh, B., Madyono, S., & Suwarti. (2018). Teknik Membaca Sekilas (Skimming) dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Narasi. Wahana Sekolah Dasar. Vol. 26 No. 1 Hal. 7 – 12.

Murniati, L. D., Candiasa, I. M., & Kirna. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 46 No. 2 Hal. 114 – 124.

Mutia. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX dalam Memahami Konsep Tabung dan Alternatif Pemecahannya dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Equation. Vol. 2 No. 1 Hal. 1 – 21.

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-Hasil Asesment Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP/AKSI. Jakarta: Kemendikbud.

Pratiwi, A. D., Yusrizal, Y., & Elisa, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Unsiyah Vol. 13 No. 2 Hal. 131- 141.

Sopiawati, I. (2015). Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam Pembelajaran Comprehension Ecrite IV. Barista. Vol. 2 No. 1 Hal. 1 – 19.

Suyuti, R. N. R. (2017). Pemberian Reward dan Punishment dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi – FIS UNM Vol. 4 No. 1 Hal. 82 – 86.

Syahlan. (2015). Literasi Matematika dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, Pemikiran, dan Pengabdian. Vol. 3 No. 1 Hal. 36 - 43.

Wahono, S. S. (2014). Using PQ4R to Increase The Students’ Reading Comprehension at Al-Bidayah Islamic Boarding School. Fenomena. Vol. 13 No. 2 Hal. 121 – 131.

Wondal, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ. Vol. 7 Edisi 1. Hal. 128 – 139.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.