PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN STAD BERBASIS IT MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANYUBIRU

Idza Nur Haida(1*), Tri Nova Hasti Yunianta(2),

(1) 
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author


Abstract


This study aims to determine the differences and comparisons of mathematics learning result using the talking stick cooperative learning model and STAD (Student Teams Achievement Division) based on IT with number operation lesson for grade VII students of SMP Negeri 2 Banyubiru. This research model is a quasi-experimental research using cluster random sampling technique. Data collection instruments in this study consisted of instruments of teacher observation sheets, instruments test and documentation. Both selected classes have been ascertained homogeneous before being treated. Analysis of the final activity data shows the average learning outcomes of mathematics on learning the talking stick type is 91.88 higher than the STAD type learning model which is 84.84. The results of hypothesis testing using the Mann-Whitney U test produce sig values. (2 tailed) 0.020 <0.05 it can be concluded that the two learning models applied have different learning result in mathematics.

Keywords


hasil pembelajaran matematika; talking stick; stad

References


Arifin, dkk. 2014. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model STAD dan TGT terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Siswa. Jurnal Ekuivalen. Volume 07. Nomor 04. Hal 276-281.

Depdiknas. 2007. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/ Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Farhan, dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan SMK Pancasila Surakarta. Jurnal Jiptek. Volume X. Nomor 02. Hal 47-55.

Fatoni. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Problem Based Learning terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar IPS kelas V SD. Jurnal JRPD. Volume 02. Nomor 01. Hal 84-91.

Hanafi. 2015. Komparasi Metode Talking Stick dan Student Teams Achievement Division serta pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial.Volume 06. Nomor 02. Hal 1-11.

Hidayat, Bayu dan Nur Kholis. 2014. Perbandingan Metode Pembelajaran Talking Stick Dengan Student Teams Achievement Divisions Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Compact Cassete Recorder di Kelas X Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Gresik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03. Nomor 03. Hal 605 – 611.

Marianto, dkk. 2015. Pengaruh Talking Stick Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS SMPN 1 Abung Pekurun. Jurnal Pesagi. Volume 06. Nomor 02. Hal 1-13.

Purwaningrum, Sumardi. 2016. Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Jurnal Managemen Pendidikan. Volume 11. Nomor 02. Hal 155-167.

Rasjid. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Biotik. Volume 03. Nomor 02. Hal 170-183.

Restani, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Ropes dengan Teknik Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA di Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 04. Nomor 01. Hal 93-97.

Rohmahwati. 2015. Eksrimentasi Model Pembelajaran STAD dengan Talking Stick, STAD dan Ekspositori terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 13. Nomor 03. Hal 187-192.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Suprijono Agus. 2009. Kooperatif.Pustaka Pelajar: Yogjakarta.

Suzanawati, dkk. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Asam dan Basa di Kelas XI Negeri 2 Batan. Jurnal Online Mahasiswa. Volume 02. Nomor 02. Hal 1-8.

Tampubolon Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Walgito Bimo. 2001. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, Ari. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Siswa SD. Jurnal Elementary School. Volume 02. Nomor 01. Hal 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1601

Refbacks