PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN STAD BERBASIS IT MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANYUBIRU
(1) 
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, dkk. 2014. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model STAD dan TGT terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Siswa. Jurnal Ekuivalen. Volume 07. Nomor 04. Hal 276-281.
Depdiknas. 2007. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/ Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.
Farhan, dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan SMK Pancasila Surakarta. Jurnal Jiptek. Volume X. Nomor 02. Hal 47-55.
Fatoni. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Problem Based Learning terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar IPS kelas V SD. Jurnal JRPD. Volume 02. Nomor 01. Hal 84-91.
Hanafi. 2015. Komparasi Metode Talking Stick dan Student Teams Achievement Division serta pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial.Volume 06. Nomor 02. Hal 1-11.
Hidayat, Bayu dan Nur Kholis. 2014. Perbandingan Metode Pembelajaran Talking Stick Dengan Student Teams Achievement Divisions Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Compact Cassete Recorder di Kelas X Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Gresik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03. Nomor 03. Hal 605 – 611.
Marianto, dkk. 2015. Pengaruh Talking Stick Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS SMPN 1 Abung Pekurun. Jurnal Pesagi. Volume 06. Nomor 02. Hal 1-13.
Purwaningrum, Sumardi. 2016. Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Jurnal Managemen Pendidikan. Volume 11. Nomor 02. Hal 155-167.
Rasjid. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Biotik. Volume 03. Nomor 02. Hal 170-183.
Restani, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Ropes dengan Teknik Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA di Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 04. Nomor 01. Hal 93-97.
Rohmahwati. 2015. Eksrimentasi Model Pembelajaran STAD dengan Talking Stick, STAD dan Ekspositori terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 13. Nomor 03. Hal 187-192.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Suprijono Agus. 2009. Kooperatif.Pustaka Pelajar: Yogjakarta.
Suzanawati, dkk. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Asam dan Basa di Kelas XI Negeri 2 Batan. Jurnal Online Mahasiswa. Volume 02. Nomor 02. Hal 1-8.
Tampubolon Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Walgito Bimo. 2001. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
Wibowo, Ari. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Siswa SD. Jurnal Elementary School. Volume 02. Nomor 01. Hal 1-13.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1601