PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR UNTUK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
(1) Universitas Muhammadiyah Palembang
(2) Universitas Muhammadiyah Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer New York.
Ismarwan., B. H., & Hamdani. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, Hal 1-10
Nayazik, A., & Arie, W. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Model Ideal Problem Solving dalam Aspek Gramatika dan Sosiolinguistik. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 4 No. 2, Hal. 107-114
Pradana, S. D. S., Parno, P., & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Optik Geometri untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 21, No. 1, Hal 51-64
Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. http://eprints.uny.ac.id/6968/1/ Makalah%20Peserta%204%20-%20 Abd.%20Qohar2.pdf, diakses 25 Juli 2018.
Rusman, T. (2013). Statistika Ekonomi. Bandar Lampung: Unila.
Safitri, E., Dede S., & Bistari. (2017). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan repserenstasi dan Komunikasi Matematis Siswa dalam Aspek Fonetik Materi Geometri SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 6, No. 9, Hal 1-14
Son, A. L. (2015). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Gema Wiralodra. Vol. VII No. 1, Hal. 1-8
Sumarmo. U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah diterbitkan oleh Suryadi, D, Turmudi, Nurlaelah, E. (Editors). Kumpulan Makalah Proses Berpikir dan Disposisi Matematik dan Pembelajarannya. 2014. Hal. 75-89.
Sumarmo. U. (2016). Pedoman Pemberian Skor Pada Beragam Tes Kemampuan Matematika. http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwa ngi.ac.id/files/2016/05/Pedoman-Pemberian-Skor-Tes-Kemampuan -Berpikir-Matematik-dan-MPP-2016-1.pdf. diakses tanggal 10 februari 2018.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Teledahl, A. (2016). How young students communicate their mathematical problem solving in writing. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. Vol. 48 No. 4, Hal. 555–572
Uptegrove, E. B. (2015). Shared communication in building mathematical ideas: A longitudinal study. The Journal of Mathematical Behavior, 40, Part A, 106–130.
Widjajanti, D.B., & Wahyudin. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Makalah KNM 2010. http://staff.uny.ac.id/sites/ default/files/131569335/Makalah%20KN M%20DJAMILAH%20 UN Y.pdf
Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Eduhumaniora. Vol. 6 No. 2, Hal. 109-114
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1525
Refbacks
- There are currently no refbacks.