IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN M-APOS DAN METODE MOORE TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA MAHASISWA
(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arnawa, I.M. dkk. (2009). Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Matematika dan Sains, 14(2): 76-82.
Artigue, M. (1998). Teacher Training as a Key Issue for The Integration of Computer Technologies. In: Tinsley D., Johnson D.C. (eds) Information and Communications Technologies in School Mathematics (pp. 121-129). IFIP — The International Federation for Information Processing. Springer, Boston, MA.
Cornu, B. (1991). Limits, In Tall, D. (Ed.) Advanced mathematical thinking (pp. 153 – 166). The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Dubinsky, E. & McDonal, M. (2003). “Using a Theory of Learning in College Mathematics Courses, Journal Kent State University, pg. 11.
Dubinsky, E. & McDonal, M. (2001). “APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research”. Dalam D. Holton (ed.). The Teaching and Learning of Mathematics at University Level. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Herlina, E. (2013). Meningkatkan Advanced Mathemathical Thinking Mahasiswa dengan Menggunakan Pendekatan APOS, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Volume 1, Tahun 2013. ISSN 977-2338831, hal. 315-327.
Mahavier, W.T., May, E.L., & Parker, G.E. (2006). A Quick-Start Guide To The Moore Method. [Online]. Tersedia: http://www.discovery.utexas.edu/rlm/reference/quick_start-3.pdf [10 April 2018].
Maya, R; Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities: Experiment with Undergraduate Student by Using Modified Moore Learning Approach, Indoms. J.M.E 2 (2): 231-250.
Nurlaelah, E. & Sumarmo, U. (2010). Implementasi Model Pembelajaran APOS dan Modifikasi-APOS (M-APOS) pada Mata Kuliah Struktur Aljabar (Makalah). Bandung: FMIPA UPI.
Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Al-Bidāyah, 4 (1): 37-48.
Saefudin, A. A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer (ALE) Berdasarkan Model Pembelajaran APOS untuk Menumbuhkembangkan Daya Matematika dan Disposisi Matematika. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
Saefudin, A. A. (2016). Implementasi Pembelajaran dengan Metode Moore Termodifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematik dan Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linear. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
Saefudin, A. A. (2017). Implementasi Pembelajaran dengan Metode Moore Termodifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematik Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Aksioma, 6 (3): DOI: 10.24127/ajpm.v6i3.1058
Selden, A; Selden, J. (2003). Validations of Proof Considered as Texts: Can Undergraduates tell Whether an Argument proves a Theorem?, Journal for Research in Mathematics Education, 34(1): 4-36.
Sumarmo, U. (2011). Advanced Mathematical Thinking and Habit of Mind Mahasiswa. Bahan Ajar Mata Kuliah Kajian dan Isu Pendidikan Matematika. Bandung: Pascasarjana UPI dan STKIP Siliwangi Bandung.
Suryana, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran PACE dalam Meningkatkan Advanced Mathematical Thinking, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Volume 1, Tahun 2013. ISSN 977-2338831, hal. 272-279.
Swam, M. and J. Ridgway. (2004). Convincing and Proving Task, [online], tersedia: http://www.flaguide.org/extra/download/cat/math/convincing/convince.pdf. [25 Februari 2018].
Tall, D. (2008). The transition to formal thinking in mathematics. Mathematics Education Research Journal, 20(2), 5-2.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1441
Refbacks
- There are currently no refbacks.