PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK
(1) 
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan self-confidence peserta didik, salah satunya disebabkan oleh kurang tepatnya penerapan media dan model dalam suatu proses pembelajaran. Masalah tersebut menjadi alasan penelitian ini dilakukan, yaitu untuk menghasilkan media ajar berupa E-LKPD berbasis model Problem Based Learning yang terkategori valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-confidence peserta didik. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini mengikuti langkah-langkah ADDIE, yang dilaksanakan di kelas VII MTs Nurul Islam Airbakoman tahun ajaran 2023/2024 pada materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes, dan angket, yang kemudian di analisis menggunakan statistik deskriptif dan uji independent sample t-test. Hasil Pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning termasuk dalam kriteria valid dan praktis, dengan hasil penilaian ahli materi yakni 94,05%, dan ahli media 93,75%, yang terkategori valid. Selanjutnya, diperoleh hasil skor kepraktisan dari respon peserta didik yakni 90% dan guru 88,75%, sehingga produk dinyatakan praktis. Kemudian, berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest diperoleh kesimpulan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self-confidence peserta didik menggunakan E-LKPD berbasis Problem Based Learning. Didukung dari hasil uji proporsi terdapat 60% peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang masuk dalam kategori baik. Dari hasil temuan dan analisis data disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-confidence peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.46281/aijssr.v5i1.462
Bansilal, S. (2015). Exploring Student Teachers’ Perceptions of the Influence of Technology in Learning and Teaching Mathematics. South African Journal of Education, 35(4), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v35n4a1217
Ennis, R. H. (2015). Critical Thinking: A Streamlined Conception. In The Palgrave handbook of critical thinking in higher education (pp. 31–47). Springer.
Fadilah, S. R., & Effendi, K. N. S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 41. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7208
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300
Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Pengembangan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Fisika dengan 3D Pageflip Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 36–42.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112.
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Melina, I., Fitriyah, N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970.
Noer, S. H. (2018a). Disain Pembelajaran Matematika (1st ed.). Graha Ilmu.
Noer, S. H. (2018b). Guided Discovery Model: An Alternative to Enhance Students’ Critical Thinking Skills and Critical Thinking Dispositions. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 108–115. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16809
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektifitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 17–29.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223.
Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika The Correlations between Self Confidence and Student’s Critical Thinking Skill in Learning Mathematics. Jurnal Edumatica, 08(April), 58–66.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125
Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis STEM pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117–123. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.7900
Saputri, L., Destiniar, D., & Murjainah, M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2949–2961. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1664
Sari, R. N., Isnaniah, Rusdi, & Rahmi, U. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Konteks Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas X SMK N 1 Palembayan. Journal on Education, 5(4), 15490–15502.
Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 21(2), 211–228. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Syaifatunnisa, I., Noer, S. H., & Gunawibowo, P. (2015). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Dan Self Confidence Matematika Siswa. Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 7(2), 3–6.
Yulian, V. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Metode Inkuiri Berbantuan Software Algebrator. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 9(1).
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i3.11010
Refbacks
- There are currently no refbacks.