PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE DESMOS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-DETERMINATION
(1) Universitas Siliwangi
(2) Universitas Siliwangi
(3) Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
Permasalahan pembelajaran matematika khususnya materi fungsi kuadrat seringkali dihadapi peserta didik dengan kurangnya motivasi dan kemampuan penalaran yang memadai, sehingga diperlukan inovasi dalam model pembelajaran yang mampu mendorong peningkatan capaian belajar dan aspek motivasi peserta didik. Sehingga, tercipatalah urgensi untuk membuktikan efektivitas penggunaan software Desmos dalam mendukung pembelajaran matematika yang lebih menarik dan bermakna. Penelitian bertujuan guna mengetahui pengaruh model PBL berbantuan software Desmos terhadap kemampuan penalaran matematis dan Self-Determination. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan post-tes only control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Data yang diambil ialah tes berjumlah 10 soal guna mengukur 4 indikator kemampuan penalaran matematis dan angket Self-Determination berisi 15 pernyataan yang mengukur 3 aspek dengan menggunakan skala Likert 1 hingga 5. Variabel penelitian ini diantaranya variabel independen dan dependen. Variabel independen yaitu pembelajaran dengan model PBL berbantuan software Desmos. Variabel dependen terdiri dari 2 variabel yaitu kemampuan penalaran matematis dan Self-Determination. Sebelum menyimpulkan hasil, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen, serta uji normalitas serta homogenitas data. Uji statistik yang dipergunakan meliputi uji-t guna melihat pengaruh setiap variabel. Hasil yang diperoleh ialah terdapat pengaruh model PBL berbantuan software Desmos terhadap kemampuan penalaran matematis dan Self-Determination.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adilla, Putri, and Denny Haris. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX.” Phi: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2):238–46. doi: 10.33087/phi.v8i2.388.
Ardiansyah, Endang Wahyuningrum, and Maman Rumanta. 2022. “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Dan Korelasinya Dengan Kemampuan Awal Siswa SMP.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(3):483–94. doi: 10.31980/mosharafa.v11i3.1498.
Azmi, Alufiyah, R. Firman Nurbudi Prijambodo, and Nisfil Maghfiroh Meita. 2025. “Efektivitas Metode Jarimatika Dengan Model PBL Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas 3 SD.” Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika 2(2):227–38. doi: https://doi.org/10.62383/katalis.v2i2.1676.
Butar-Butar, Jihan Aulia putri. 2024. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM) 2(1):64–67. doi: 10.56854/jipm.v2i1.310.
Cahyani, Nurul Dewi, and Teni Sritresna. 2023. “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) 2(1):103–12. doi: https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2720.
Darma, B. 2021. “Statistika Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2).” GUEPEDIA 83.
Firdaus, Aulia, Mohammad Asikin, Budi Waluya, and Zaenuri Zaenuri. 2021. “Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13(2):187–200. doi: 10.37680/qalamuna.v13i2.871.
Isroil, Ahmad, Ilyas, and Rahmad Heri Prasetyoadi. 2021. “Pembelajaran Persamaan Trigonometri Berbantuan Desmos Dengan Model Pembelajaran Probem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Cendekia 13(02):136–43. doi: 10.37850/cendekia.
Meslita, Rima. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos Pada Materi Program Linear.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):1857–68. doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1409.
Mutaqin, Ejen Jenal, Hudiana Hernawan, and Fahmi Muhadi. 2021. “Analisis Kesesuaian Buku Matematika Guru Dan Siswa Kelas III Dalam Tema 2 Revisi 2018.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(3):459–68. doi: 10.31980/plusminus.v1i3.1444.
Nababan, Raya. 2021. “Perbedaan Kemampuan Penalaran, Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Determination Siswa SMA Antara Model Pembelajaran Problem Posing Dan Discovery Learning.” Doctoral Dissertation 1–123. doi: 10.36655/sepren.v2i2.550.
Nurhayati, Lina, and Iwan Gunawan. 2022. “Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Teknik Dengan Berbantuan Software Desmos Graphing Calculator.” Prisma 11(1):255. doi: 10.35194/jp.v11i1.2221.
Rahmawati, Suci, and Ratu Ilma Indra Putri. 2022. “Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Fungsi Kuadrat Menggunakan PMRI Dan Collaborative Learning Berbantu Media Video.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(1):577–88. doi: 10.24127/ajpm.v11i1.4622.
Rohmatulloh, Syamsuri, Hepsi Nindiasari, and Abdul Fatah. 2022. “Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 06(02):1558–67.
Ryan, Richard M., and Edward L. Deci. 2017. “Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness.” A Division of Guilford Publication, Inc. 355–512.
Siahaya, Jovanca Agustina, Carolina Selfisina Ayal, and Darma Andreas Ngilawajan. 2021. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat.” Science Map Journal 3(1):1–18. doi: 10.30598/jmsvol3issue1pp1-18.
Siswanti, Arnita Budi, and Eko Richardus Indrajit. 2023. “Problem Based Learning.” CV ANDI OFSET 123.
Sugiyono. 2007. “Statistika Untuk Penelitian.” CV ALFABETA 390.
Wati, Dia cahya, Loso Judijanto, Apriyanto, Sepriano, and Maryana. 2024. “Media & Teknologi Pembelajaran Matematika.” PT. Sonpedia Publishing Indonesia 84.
Zulkarnaen, Rafiq, and Redo Martila Ruli. 2023. “Efektivitas Self-Determination Theory Dalam Perilaku Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 6(4):1547–1640. doi: 10.22460/jpmi.v6i4.17962.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.10615
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)