PENGEMBANGAN DOMINO PECAHAN BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apino, E., & Retnawati, H. 2017. Developing Instructional Design to Improve Mathematical Higher Order Thinking Skills of Students. In Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing. Vol. 812, No. 1, p. 012100.
Ardiyanti, N. P. R., Suarjana, I. M., & Garminah, N. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Open-Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. MIMBAR PGSD. Vol. 1, No. 1, Hal. 732-742.
BNSP, 2016. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Hestuaji, Y., & WA, S. 2013. Pengaruh Media Kartu Domino terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol. 3, No. 1, Hal. 1-6.
Khabibah, S. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Universitas Negeri Surabaya.
Kristiyono, H. 2008. Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 7, No. 10, Hal. 1-10.
Mahmudi, A. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran, dan Terapannya. Yogyakarta. Hal. 179-192.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. 2014. Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita. Vol. 11, No. 1, Hal. 38-43.
Newsletter PRIORITASkuen. 2014. Media komunikasi untuk mendorong pembaharuan, menciptakan peluang kemajuan, dan membuka akses pendidikan dasar yang berkualitas. 2014. Jawa Barat: USAID PRIORITAS. No. Edisi 8, Bulan Juli-September, Hal. 8.
Nieveen, N., Gustafson, K., Branch, R. M., & van den Akker, J. 1999. Design approaches and tools in education and training. Dordrecht: ICO Cluwer academic publisher.
Plomp, T. 1997. Educational and training system design. Enschede: University of Twente.
Ristiani, R. 2014. Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika melalui Tipe Soal Open Ended pada Materi Pecahan Kelas V di SDN Tegalrejo 02 Salatiga. Disertasi: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW.
Rochmad, R. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano. Vol. 3, No. 1, Hal. 59-72.
Rudyanto, H. E. 2016. Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum (Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran). Vol. 3, No. 2, Hal. 184-192.
Saefudin, A. A. 2012 Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Al-Bidayah (Jurnal Pendidikan Dasar Islam). Vol. 4, No. 1. Hal. 37-48.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Siswono, T. Y. E. 2008. Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Surabaya: Unesa University.
Sitanggang, A. 2013. Alat Peraga Matematika Sederhana Untuk Sekolah Dasar. Medan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Surakarta: CV. Wacana Prima.
Vale, I., Pimentel, T., Cabrita, I., Barbosa, A., & Fonseca, L. 2012. Pattern problem solving tasks as a mean to foster creativity in mathematics. Proceedings of the 36th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Educatio. Vol. 4, pp. 171-178.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.1015
Refbacks
- There are currently no refbacks.