ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA PELAJARAN FISIKA

Muhammad Rayhan Affandi, Maryscha Widyawati, Yoga Budi Bhakti

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan dimanapun ia berada dan sepanjang hidupnya. Dalam proses pembelajaran yang berkualitas terdapat beberapa aspek yang turut mempengaruhi salah satunya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Pada mata pelajaran fisika guru cenderung kurang kreatif dan inovatif dalam menerapkan media pembelajaran saat mengajar,sehingga kurangnya motivasi belajar siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang membuat media pembelajaran semakin berkembang salah satunya berbentuk e-learning. E-learning merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses pembelajaran sehingga guru mendapat media pembelajaran yang inovasi untuk diterapkan didalam kelas dan siswa pun tidak akan jenuh dalam pembelajaran. Untuk mengetahui apakah pengunaan media pembelajaran e-learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa maka kami melakukan penelitian dengan metode meta-analisis yaitu menggabungkan hasil 2 atau lebih penelitian sejenis yang menunjukan bahwa media pembelajaran e-learning sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai efektifitas terendah 41,00% sampai tertinggi 94,47% dengan rata-rata 78,36%.

Keywords


meta analisis, e-learning, hasil belajar, efektivitas.

Full Text:

PDF

References


Alfitri, D. U. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis E-learning pada Materi Teori Kinetik Gas Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1).

Anwar, R. (2005). Meta analisis. pertemuan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi bagian Obstetri dan Ginekologi RSHS/FKUP, Bandung.

Hartawan, I. K. A., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2014). Pengembangan portal e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran fisika kelas x di sma dwijendra denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1).

Hasanah, N., Suyanto, E., & Suana, W. (2016). E-learning dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2)

Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109-114

Mulyani, W. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep impuls dan momentum.

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 187-199

Wahyuni, T., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan modul multimedia interaktif berbasis e-learning pada pokok bahasan besaran dan satuan di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 404-410.

Utami, R. P., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Learning Dengan Schoology Materi Gravitasi Newton Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Yulita, A. R., Ambarwulan, D., & Bakri, F. (2018). Pengembangan E-Learning Menggunakan Chamilo Untuk Membantu Proses Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II. Gravity: Scientific Journal of Research and Learning Physics, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter