PEMANFAATAN KAMPUNG ADAT KUTA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Yesi Budiarti(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Salah satu unsur yang diyakini memiliki pengaruh besar terhadap proses dan hasil belajar adalah media pembelajaran. Berbagai hasil kajian membuktikan bahwa media pembelajaran sesederhana apapun memiliki peran yang signifikan dalam kegiatan tersebut. Walau demikian, pengkajian dan penelitian guna mengetahui keefektifan dan kegunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), harus terus dilakukan. Pembelajaran dengan menggunakan media pada objek yang berbeda memungkinkan melahirkan hasil yang berbeda tetapi bisa pula melahirkan hasil yang sepadan. Pemanfaatan kampung adat Kuta diharapkan dapat menjadi salah satu solusi pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara efektif dan efisien akan mampu menciptakan atmosfir kegiatan belajar mengajar selalu up to date dari masa ke masa. yang  mampu melahirkan sebuah solusi alternatif dalam usaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufik (2009) Inovasi Pendidikan Melalui Probem Based Learning. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Munir (2008). Kurikulum Berbasis Tekonologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Peodjiadi, Anna. (2005) Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumaatmadja, Nursid. (2005) Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Bandung: Alumni.

___________ (2005) Manusia Dalam Konteks Sosial, Budaya dan Lingkungan Hidup. Bandung: Alfabeta,




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter