PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Noviyana Sari(1*), Maryatun Maryatun(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode DRill terhadap hasil belajar Akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design berbentuk noneqiuvalent control group design. Dari analisis data menunjukkan hasil belajar Akuntansi mengalami peningkatan 40% dilihat dari perbandingan evaluasi pretest dan evaluasi posttest, yaitu peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi pretest adalah 30%, sedangkan peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi posttest adalah 70%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thitung (thit) = 13.08 lebih besar daripada ttabel (ttab) = 1.70 dan 2.47. Dengan demikian menunjukkan bahwa “ada pengaruh yang positif penggunaan Metode Drill terhadap hasil belajar Akuntansi kelas X semester genap SMK Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2015/2016.”


Full Text:

PDF

References


Abdurahman,Mulyono.2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Tingkatan Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter