PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 METRO TP 2015-2016

Fajar Jefri Irawan(1*), Ningrum Ningrum(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Metode cooperative learning tipe group investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran mulai dari merencanakan topik-topik yang akan dipelajari, bagaimana melaksanakan investigasinya, hingga melakukan presentasi kelompok dan evaluasi. Dalam Group Investigation tersebut siswa dibagi kedalam 6 kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, setiap kelompok memilih topik yang sisajikan kemudian membagi topik-topik tersebut untuk dikerjakan oleh masing-masing kelompok. Kemudian menggabungkan hasil temuan tiap individu menjadi laporan kelompok, untuk selanjutnya setiap kelompok menyajikan hasil kerja dalam suatu diskusi kelas. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini yaitu “ Masih banyak siswa yang belum tuntas hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016.”. Dari masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan model Coperative Learning Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (PKWU) siswa kelas X semester genap SMK Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) siswa kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2015/2016”.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis ditermia, sebab   dalam analisis data dapat diketahui bahwa analisis perhitungan nilai tersebut   > . Pada taraf signifikan 5% yaitu 10,27 > 1,72 yaitu  lebih besar 8,48 dari  Demikian menunjukan bahwa model Cooperative Learning tipe Group Investigation mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) siswa kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2015/2016.


Full Text:

PDF

References


UU No. 20. (2003). Pengertian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Menengah Kejuruan.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Depok. PT Rajagrafindo persada.

Robert. E Slavin. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Pratk. Bandung: Nusa Media

Setiawan. (2006). Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigasi.Yogyakarta: Depdinas PPPG Matematika

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Karwono & Heni Mularsih 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemenfaatan Sumber Belajar. Cerdas Jaya. Ciputat.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter