IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Wakijo Wakijo(1*), Siti Suprihatin(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif karena peneliti tidak merubah keadaan kelompok awal sampel. Desain penelitian dalam ini yaitu “the nonequivalent posttest-only control group design”. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Tulang Bawang Barat. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk memahami masalah, menyeleksi informasi yang penting untuk menyelasaikan masalah, memahami asumsi-asumsi, merumuskan dan menyelasaikan hipotesis yang relevan, serta menarik kesimpulan yang valid dan menentukan kevalidan dari kesimpulan-kesimpulan. Berdasarkan peneliitian yang telah dilakukan dan berdasarkan hasil uji perbedaan rataan postes kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,038 lebih kecil dari nilai α = 0,05, sehingga H0 ditolak. Hasil ini berarti kedua kelas memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda secara signifikan. Kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)  lebih tinggi  dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Sagala, S (2008). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhnya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta? Kencana Prenada Media Group

Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Laks Bang Meditama.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajran Mengembangkan Profeionalisme Guru. Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada

Ristontowi. 2011. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa melalui Pembelajaran Creative Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA.

Paul, R and Elder, L. (2006). Critical thiking: the art of socratic questioning journal of developmental education, 31 (1), 36-37




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter