PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEKNIK PRAKTEK JUAL BELI TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MEMAHAMI AKUNTANSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UM METRO

Heri Supranoto(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  contextual teaching and learning (CTL) teknik praktek jual beli terhadap kemampuan memahami akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design, bentuk Pretest-control Group Design. yang dilakukan pada mahasiswa semester genap, mata kuliah Telaah Ekonomi SMA pada materi akuntansi, pembahasan Jurnal Khusus Perusahaan Dagang UM Metro. Analisis data menunjukkan rataan skor postes kemampuan memahami akuntansi mahasiswa untuk kelas eksperimen sebesar 71,80 dan kelas kontrol sebesar 66,26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,007 lebih kecil dari nilai α = 0,05, sehingga H0 ditolak. Hasil ini berarti kedua kelas memiliki kemampuan memahami akuntansi yang berbeda secara signifikan. Kemampuan memahami akuntansi mahasiswa yang mendapat pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)  lebih tinggi  dari pada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap memahami akuntansi mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2007. Panduan Pembelajaran Kontekstual Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Pembelajaran cet. Ke-3. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Faridah T. 2002. Pembelajaran berdasarkan pendekatan kontekstual. Sulawesi Selatan: LPMP

Iksan, Khairul. 2009. Peningkatan Proses Pembelajaran Melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual. http://my.opera.com/khairul11/blog/2009/ 03/12/peningkatan-proses-belajar-mengajar

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Mochamad Enoh. 2004. Implementasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Geografi SMU/MA. Jurnal Ilmu Pendidikan.11 (1).17-29.

Mulyasa. 2006. Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2009. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Mundilarto. 2004. Cakrawala Pendidikan: Pendekatan kontekstual dalam Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Lembaga Pengambdian Masyarakat UNY.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientai StandarProses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sesep. 2010. Strategi Pembelajaran Kontekstual.http://s3s3p.wordpress.com/2010/03/10/strategipembelajaran-kontekstual

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifvistil. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter