IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN, DISKUSI DAN PENUGASAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Yusup Purwadi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas adalah mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dengan menggunakan metode bermain peran, diskusi dan penugasan, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-Teknik Pemesinan dalam pembelajaran  kewirausahaan di SMKN 3 Metro. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Penggunaan metode bermain peran pada KD mengelola konflik harus diawali dengan penugasan. Penugasan tersebut dimaksudkan untuk memberikan waktu latihan kepada para siswa menghafalkan transkrip dialog, belajar mengelola mimik sesuai dengan peran, mengembangkan dialog jika diperlukan. Setelah penampilan diadakan diskusi sebagai sarana evaluasi dengan pengembangan sikap tanggung jawab siswa. 2) Penerapan metode bermain peran, diskusi, dengan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan mengelola konflik siswa kelas XI-Teknik Pemesinan. Analisis data menunjukan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar meningkat 2,59 dari Prasiklus ke Siklus I, bermula dari 3,8 menjadi 6,4. Kemudian meningkat 1,34 dari 6,4 menjadi 7,7 pada siklus II. 3) Pemeranan telah memberikan pengalaman batin sehingga sikap tanggung jawab siswa menjadi lebih baik. Hal ini sebagaimana diperoleh hasil pengisian angket sikap tanggung jawab sebesar 95% siswa menjadi cukup Tanggung Jawab. Pemaknaan tanggung jawab dalam bekal berwirausaha semakin tumbuh seiring dengan pemahaman bahwa kecerdasan kognitif terhadap aspek usaha saja tidak cukup, tetapi butuhkan sikap yang stabil.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Cruickshank, Donald R. Jenkins, Deborah Bainer. Metcalf, Kim K. 2006. The Act of Teaching.New York, USA. McGraw-Hill Company, Inc.

Djamarah Syaiful Bahri, 1994. Hasil Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional. Jakarta.

Heaton, J.B. 1991.Writing English Language Test.New Edition.Longman Handbook for Language Teachers). New York: Longman Group Ltd.

Joyce, B. R., & Weil, M. 2000. Role Playing; Studying Social Behavior and Values.In Models of Teaching.Allyn and Bacon.

Miller, L.M. 1987.Manajemen Era Baru.Beberapa Pandangan Mengenai Perusahaan Moderen. Jakarta:Erlangga

Poorman, P. B. (2002. Biography and Role-Playing:Fostering Empathy In AbnormalPsychology. Teaching of Psychology.

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandug : Sinar Baru Algensindo.

Udin S Winataputra, et al.2005. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta; Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i1.480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter