PENGARUH COOPERATIVELEARNINGTIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION(STAD)TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWAKELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO T.P 2015/2016.

Wakijo Wakijo(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan penelitian ini metode eksperimen mengguanakan bentuk quasi experiemental design nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIIID SMP Muhammadiyah 1 Metro yang sebanyak 5 kelas dengan jumlah 123 peserta didik. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sehingga diperoleh bahwa kelas VIIIDyang berjumlah 24sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE yang berjumlah 27 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana dengan menggunakan   dalam analisis data dapat diketahui bahwa analisis perhitungan nilai tersebut > . Pada taraf signifikan 5% yaitu 9,10 > 1,72 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 9,10 > 2,51. Jika  dengan > berarti hipotesisnya diterima. Dan apabila <  berarti hipotesisnya ditolak. Dengan demikian, pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achivement Division terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik Kelas VIII Dsemester genap SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2015/2016 hipotesisnya dapat diterima/ dibuktikan.


Full Text:

PDF

References


Alfabeta, Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Isjoni, 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Karwono (dkk), 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Rajagrafindo Persada

Kurniasih, Imas Berlin Sani, 2015. Model Pembelajaran. Kata Pena.

Ratumanan, T. G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya. Unesa University Press

.

Rober E Slavin. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktek. Bandung: Nusa Media

Suprijono, Agus 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Universitas Muhammadiyah Metro. 2015. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Metro: FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.

Yusuf, Muri 2015. Asesmen dan Evaluas




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i1.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter