IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA METODE AKTIF TIPE QUIS TEAM TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA MATA KULIAH AKUNTANSI II UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

Wakijo Wakijo(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Keterlambatan saat perkuliahan, pengumpulan tugas bahkan saat Quis dan ketidakjujuran dalam mengerjakan Quis sering dilakukan oleh mahasiswa, ketidakjujuran dengan menggunakan tehnologi juga ditemukan , misalnya memotret hasil ujian yang kemudian  dikirimkan  kepada teman lain.  Oleh karena itu perlu dilakukan  penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan karakter  jujur, disiplin, bersahabat, mandiri dan kerja keras.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengimplementasikan lesson study  dengan  Metode Aktif Tipe Quis Team, yang dilaksnakan dengan 2 siklus dan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa  Pendidikan Ekonomi semester IV Tahun Akademik 2014/2015. Data penelitian  diperoleh dari lembar observasi, dokumentasi  photo. Data penelitian ini di ambil dari  proses pelaksanaan perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter jujur, disiplin, bersahabat, mandiri dan kerja keras. Karakter jujur ditandai  dengan            jumlah mahasiswa yang mengemukakan pendapat sesuai dengan yang diyakininya sebesar76,45,Tidak mencontek  dalam mengerjakan tugas sebesar 75,7%,  menyelesaikan  tugas sesuai dengan aturan yang diberikan pada siklus I  sebesar 72,9%  dan meningkat pada siklus II menjadi  83,1%, 77,0%, 75,7%; dan mahasiswa yang berkarakter  disiplin:  Tertib dalam mengerjakan tugas  sebesar 75%;  mentaati  aturan berbicara yang ditentukan  dalam sebuah diskusi kelas sebesar 75%;  meningkat pada siklus II sebesar  76,4% dan 77,0%. Mahasiswa yang berkarakter  bersahabat: bekerjasama dalam tim 77%;   Memberikan pendapat dalam kerja tim 74,3% meningkat pada siklus II menjadi 77,7% dan 75,7%; mahasiswa yang berkarakter mandiri: Menyelesaikan sendiri tugas yang menjadi tanggung jawabnya dengan skor 73,6%  pada siklus II meningkat menjadi 75,7%. Mahasiswa yang berkarakter kerja keras: Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan belajar dengan skor 72,3%, Berusaha untuk mencari informasi tentang  materi dari berbagai sumber skor 83,8%; Menggunakan waktu secara efektif  untuk menyelesaikan tugas-tugas  dengan skor 73,6% pada siklus II naik menjadi 75,7%; 85,1% dan 77,7%

Kata Kunci : Lesson Study,  Metode Aktif Tipe Quis Team, Karakter


Full Text:

PDF

References


Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah Yogjakarta: Laksana

Dalvi. 2006. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Agama dengan Menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team. Jurnal Dosen

Depdiknas (2009). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Depdiknas UPI

Jamaludin.2011 Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. (Online).Tersedia :http://jamaludin 270790. blogspot.com/2011. makalah Pendidikan karakter siswa smk.html..

Prayitno dan Belferik Manulang.2010. Pendidikan Karakter dalam pembangunan Bangsa. Sumatra Utara: Penerbit Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Ratna Megawangi 2004 Pendidikan KarakterKajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang - Undang RI Nomor 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pasal 3

Silberman, Melvin L. 2006, Active Learning 101 Cara belajar mahasiswa aktif. Bandung: Musamedia

Warsono. Dan Hariyanto, 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter