PENERAPAN LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU SMA BINA MULYA GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Heri Supranoto(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Guru merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan tujuan dari pendidikan. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadi sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah.

Lesson Study diartikan sebagai suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berdasarkan prinsip-prinsip kolegialitas yang saling membantu dalam pembelajaran untuk membangun komunitas belajar. Adapun tujuan utama dari  penggunaan metode Lesson Study adalah kegiatan perbaikan guru dalam melakukan proses pembelajaran di kelas. Hal ini susuai dengan pendapat Astika  (2013: 04), yang mengatakan bahwa: Lesson Study mendukung terjadinya peningkatan kemampuan profesionalisme guru, khususnya kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional. Teknik pengajaran yang dilakukan dengan berbagai ketrampilan bertujuan untuk menciptakan situasi dalam proses belajar mengajar, yakni dapat menyenangkan dan mendukung terciptanya prestasi belajar siswa yang memuaskan.

 

Dengan adanya proses pembelajaran berbasis Lesson Study, diharapkan guru akan mengetahui kelamahan-kelamahan yang selama ini dilakukan saat dikelas dan berusaha memperbaikinya dipertemuan berikutnya melalui pengamatan yang dilakukan oleh guru lain.

 

Kata Kunci: Lesson Study dan Kompetensi Pedagogi Guru


Full Text:

PDF

References


Astika .2013. Efektivitas Diklat Lesson Study Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi Guru, Dan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Ani M. Hasan. (2003). Pengewbangan Profesionalisme Guru di Abaci Pertengahan. (online) tersedia HTTPJ/artikel.ns/ A M Hasan. Html (13 maret 2014)

Hendayana, S. dkk. 2006. Lesson study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

_________, S. dkk. 2007. Lesson Study Suatu Startegi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik, Bandung: FPMIPA UPI dan JICA.

Hidayat, Boby. 2015. Micro Teaching Berbasis Lesson Study. Laboratorium Micro Teaching: FKIP UM Metro

Mentri Pendidikan Nasional. 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Mulyana, S. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Susilo dkk. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publishing

Syaiful, Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.

Yoshida, M., & Fernandez, C. 2004. Lesson Study: A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter