HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SMK NEGERI 1 PALEMBANG

Devi Saputri(1*), Syarwani Ahmad(2), Neta Dian Lestari3(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author


Abstract


For students who will approve the choice to go to college, of course they will be faced again with the choice of which college to enter and what direction to choose. In its development, students support to continue their studies to higher education by considering the money spent by parents of students who want to go to college. The population in this study were all students of class X Accounting and Financial Institutions sponsored by 143 students. Data collection techniques use questionnaire, observation and documentation techniques. Based on the test results it is undeniably related to student motivation and parents' money towards the interest received by the study in the high school at Palembang State Vocational School 1 This result is strengthened by the value of Fcount 257,013 > Ftable 2.715 or Sig Fcount 0.000 <a = 0.05. Higher success, student learning and parents' money will be even greater towards the interest in continuing their studies to higher education at Palembang State Vocational School 1.
Keywords: Motivation to Study, Parent Income, and Interest in Continuing Study to Higher Education


Full Text:

PDF

References


Alam, S. 2014. Ekonomi : Untuk SMA dan MA Kelas XII Kurikulum K13. Jakarta: Erlangga. Anugrah, L. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar, Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Siwa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas XI Ips Di Sma N 6 Padang. 116. Arifin & Ratnasari. 2017. Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa , 1-6. Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Bowo, R. Y. 2017. Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial Dan Informasi Perguruan Tinggi Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI Ips Madrasah Aliyah Nu 01 Limpung Kabupaten Batang. Economic Education Analysis Journal , 1-11. Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung: Erlangga. Darmadi, H. 2013. Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Jihad, A & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Kharisma, N dan Latifah, L. 2015.Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Kompetensi

Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal. 833-846 Lestari, N. D., & Hayati, S. 2019. Pengaruh Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang.JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1). Menhard. 2017. Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Status Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus Stie Mahaputra Riau).Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil , 1-8. Rahmat, P. S. 2017. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta. Rahmat, Ramadhan dkk. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Pada Siswa Smk Nasional Padang).EcoGen Volume 1, Nomor 1 , 140-147. Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Schunk, D. H . 2012. Motivasi dalam Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks. Suciningrum, N. P &Rahayu, E. S. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta . Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Vol. 3 No. 1 , 1-21. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif,Kualitiatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/pro.v7i2.2512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter