ANALISIS MOTIVASI BELAJAR INTERNAL SISWA PROGRAM AKSELERASI KELAS VIII SMP NEGERI 6 AMBON

Silvia Manuhutu(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi belajar internal pada diri siswa. Tidak terlepas juga dengan siswa pada kelas akselerasi. Walaupun memiliki kemampuan intelektual di atas rata-rata, bukan berarti mereka tidak memiliki motivasi belajar dari diri mereka sendiri.  Untuk itu Tujuan penelitian ini dilakukan guna mengetahui motivasi belajar internal siswa pada program akselerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang motivasi internal siswa pada program akselerasi di SMP Negeri 6 Ambon. Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan adalah kuesioner yang dibagikan kepada responden yakni siswa akslerasi kelas VIII berjumlah 28 orang. Untuk memperkuat data kuesioner, peneliti juga menggunakan pedoman observasi untuk melihat aktivitas yang ditimbulkan sebagai bagian dari motivasi internal yang ditunjukkan siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar internal siswa pada program akselerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini terlihat dari prosentase masing-masing indicator motivas internal siswa. Indikator kuatnya kemauan untuk berbuat mendapat prosentase 47,62%. Indikator Jumlah waktu yang disediakan untuk belajar mendapat prosentase 38,09. Indikator kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas yang lain mendapat prosentase 61,91%. Serta indicator ketekunan dalam mengerjakan tugas mendapat prosentase 61,91%. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter