PENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMK KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ningrum ningrum(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Berdasarkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Kartikatama Metro yang masih relatif rendah yang dapat dilihat dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) dimana berdasarkan hasil observasi masih kurangnya pencapaian nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Hasil belajar yang masih rendah ini juga disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih mengguanakan metode ceramah (metode konvensional). Metode -metode ini membentuk siswa salah satunya adalah model Active Learning tipe Team Quiz.


Hasil belajar yang belum tuntas berjumlah 15 siswa dengan presentase 62,5%,  dan yang mencapai ketuntasan belajar berjumlah 9 siswa dengan persentase 37,5% Sedangkan nilai ketuntasan minimum (KKM)  Kelas X SMK Kartikatama Metro pada pelajaran kewirausahaan adalah 75. Alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa digunakan Model Active Learning Tipe Team Quiz, sehubungan dengan masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajran 2014/2015” .

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajran 2014/2015”. Adapun kegunaannya adalah dengan mengetahui pengaruh penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajaran 2014/2015”, maka dapat digunakan sebagai acuan peneliti. Dan sebagai bahan informasi dalam usaha meningkatkan hasil belajar kewirausahaan di SMK Kartikatama Metro khususnya dan untuk menambah wawasan dibidang pendidikan bagi pembaca umumnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah.”ada pengaruh positif Penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz, Terhadap Hasil Belajar kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajran 2014/2015”.

Setelah dianalisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari analisis perhitungan nilai thitung dan ttabel , diketahui bahwa thitung > ttabel. dapat dilihat pada daftar  G, pada daftar signifikan 5% yaitu 9,10 > 1,72. Dan pada taraf signifikan 1% yaitu 9,10 > 2,51. Dengan demikian hipotesisnya berbunyi  bahwa : ada pengaruh yang positif Penggunaan Model Active Learning Tipe team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas  X.TKJ 1 semester genap SMK Kartikatama Metro pada pokok  bahasan: mengeola konflik. Siswa yang dinyatakan tuntas dengan KKM  (75) setelah treatment sebanyak 14 siswa atau sebesar 58,33% dan siswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 10 siswa atau sebesar 41,67%. oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa,  guru  dapat  menerapkan penggunaan model Active Learning Tipe Team Quiz dalam  pembelajaran yang diselenggarakan.                                                                           


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter