Abstract64 Views
PDF Article328 Views
Full Text: PDF




ARTICLES

Intervensi Regulasi Emosi Marah Berbasis Cognitive Behavioral Therapy untuk Meningkatkan Keterampilan Regulasi Emosi Marah pada Anak


Nisrina Putri Anandiva1*, Edward Andriyanto Soetardhio2

[1] Faculty of Psychology, Universitas Indonesia, Indonesia. [2] Faculty of Psychology, Universitas Indonesia, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari intervensi regulasi emosi marah dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosi marah pada anak usia middle childhood. Partisipan dari penelitian ini adalah seorang anak perempuan berusia 10 tahun 9 bulan yang diketahui memiliki keterampilan regulasi emosi yang kurang baik berdasarkan hasil pemeriksaan psikologis. Penelitian ini adalah penelitian Mixed Methods Single Case Research (MMSCR) dengan pengumpulan data melalui pemberian kuesioner Emotion Regulation Questionnaire for Children and Adolescent (ERQ-CA) dan wawancara terhadap partisipan dan orangtua. Pada penelitian ini, partisipan diberikan intervensi regulasi emosi marah berdasarkan pendekatan CBT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program intervensi regulasi emosi marah berbasis CBT efektif untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosi marah pada anak usia middle childhood yang dibuktikan dengan adanya penurunan frekuensi dan durasi dari tingkah laku teriak-teriak partisipan ketika sedang mengekspresikan emosi marahnya.

Keywords

Intervensi; Regulasi Emosi Marah; Cognitive Behavioral Therapy; Middle Childhood

Article Info

Artikel History: Submitted: 2023-01-23 | Published: 2023-06-30
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v13i2.7139
Vol 13, No 2 (2023) Page: 482-495

(*) Corresponding Author: Nisrina Putri Anandiva, Faculty of Psychology, Universitas Indonesia, Indonesia, Email: nisrina.putri01@ui.ac.id

Data citation

Angelia, M. (2019). Hubungan pola asuh ibu dan religiusitas dengan regulasi emosi siswa sekolah dasar di sekolah x. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara, Jakarta.