ARTICLES
Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP di Yogyakarta
Esti Damayanti1*, Muhammad Erwan Syah2
[1] Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia. [2] Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Indonesia.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal setting pada motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII SMP “X” Yogyakarta, yang dibagi menjadi 13 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 13 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar, wawancara dan observasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre post control group design. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan uji Mann-Whitney untuk mengetahui motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa setelah diberikan pelatihan goal setting. Hasil penelitian yaitu pada pretest dan posttest motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan ada peningkatan setelah diberikan pelatihan goal setting dengan nilai Z= -4.359, P= 0.000, P< 0.05. Pada pretest dan follow up motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan ada peningkatan setelah dua minggu diberikan pelatihan dengan nilai Z= -2.500, P= 0.012, P< 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP “X” Yogyakarta.
Keywords
Article Info
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v12i3.6278
Vol 12, No 3 (2022) Page: 290 - 299
(*) Corresponding Author: Esti Damayanti, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, Email: estidamayanti099@gmail.com