Abstract227 Views





ARTICLES

Pengaruh Performance Goal Orientation terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa


Ancensius Tombo Bamba1*, Ahmad Razak2, Ahmad Ridfah3

[1] Department of Psychology, Universitas Negeri Makassar, Indonesia. [2] Department of Psychology, Universitas Negeri Makassar, Indonesia. [3] Department of Psychology, Universitas Negeri Makassar, Indonesia.

Abstract

Menyontek adalah sebuah tindakan anomali moral yang kian merebak khususnya di kalangan mahasiswa, sehingga perlu untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi perilaku menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performance goal orientation terhadap perilaku menyontek. Penelitian dilakukan terhadap 643 mahasiswa di Kota Makassar berusia 17-26 tahun yang diperoleh melalui teknik cluster sampling. Penelitian ini menggunakan skala perilaku menyontek dan performance goal orientation yang hasilnya dianalisis dengan uji regresi linier sederhana mengunakan JASP 0.14.1. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.401 yang berarti bahwa performance goal orientation mampu menjelaskan 40.1% variasi perilaku menyontek. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah .00 (p < .05) yang berarti bahwa performance goal orientation mampu menjadi prediktor yang signifikan terhadap perilaku menyontek. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi pada perlunya mahasiswa menyadari pentingnya integritas akademik, serta memaknai proses pendidikan sebagai kesempatan untuk memperkaya diri melalui pendalaman materi, tidak hanya berorientasi pada hasil yang dapat menjebak pada perilaku menyontek.

Keywords

mahasiswa; performance goal orientation; perilaku menyontek

Article Info

Artikel History: Submitted: 2022-03-14 | Published: 2022-04-30
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v12i1.5025
Vol 12, No 1 (2022) Page:

(*) Corresponding Author: Ancensius Tombo Bamba, Department of Psychology, Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Email: ancensiustb@gmail.com