Abstract158 Views





ARTICLES

Pengaruh Pelatihan Pengurangan Stres Berbasis Kesadaran (Mindfulness Based Stres Reduction) Untuk Menurunkan Kecemasan Perawat Gugus Tugas Covid 19 Pada RSUD X


Na'ita Faulinna1*, Kamsih Astuti2, Sheilla Faradhila Peristianto3

[1] Mercu Buana Yogyakarta University, Indonesia. [2] Mercu Buana Yogyakarta University, Indonesia. [3] Mercu Buana Yogyakarta University, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan pengurangan stres berbasis kesadaran (mindfulness based stres reduction) untuk menurunkan kecemasan pada perawat gugus tugas Covid 19. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 peserta dengan rentang usia antara 25-35 tahun yang memiliki skor kecemasan kategori sedang dan berat serta terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan skala kecemasan HARS (14 aspek) yang mengacu pada aspek-aspek kecemasan menurut (Stuart dan Sundeen, 1998)). Desain penelitian ini menggunakan random assignment. Analisis data dari penelitian ini terdiri dari analisis kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan mann whitney test digunakan untuk melihat perbedaan kecemasan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah subjek diberikan perlakuan dan wilcoxon signed ranks test digunakan untuk melihat perbedaan kecemasan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasilnya menunjukan bahwa ada perbedaan tingkat kecemasan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan dengan nilai Z sebesar -2,637dengan signifikansi 0,008 (p<0,05). Selanjutnya ada perbedaan yang signifikan terhadap skor kecemasan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan nilai Z sebesar -2,807; p = 0,002 (p<0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan pengurangan stres berbasis kesadaran (mindfulness based stres reduction) untuk menurunkan kecemasan pada perawat gugus tugas Covid 19.

Keywords

Pelatihan Mindfulness;kecemasan;Perawat gugus tugas Covid 19

Article Info

Artikel History: Submitted: 2022-02-06 | Published: 2022-04-30
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v12i1.4870
Vol 12, No 1 (2022) Page:

(*) Corresponding Author: Na'ita Faulinna, Mercu Buana Yogyakarta University, Indonesia, Email: itafaulinna@gmail.com