Abstract327 Views
PDF Article6 Views
Full Text: PDF




ARTICLES

Efektivitas Pelatihan Metode Kurt Lewin Untuk Peningkatan Konsep Diri Siswa Peserta Kesetaraan Kejar Paket C di Denpasar Bali


Brigita Pujiwati1*, Rahma Widyana2

[1] Magister Profesi Psikologi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia. [2] Magister Profesi Psikologi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia.

Abstract

This study aims to create a program as an option for people who want to equalize education. Unfortunately, the stigma in the community regarding this program has not been so good. The result also impacts students who are participants in the package pursuit program who lack self-concept. Students need to have a self-concept so that they can achieve quality education. Through a good self-concept, one can absorb optimally any given subject. Based on this urgency, this study was presented to know the effectiveness of the Kurt Lewin training method to improve the self-concept of students participating in the package C equivalency pursuit in Denpasar Bali. This research uses observation and interview methods. The research was carried out directly on all ten students pursuing package C, totaling ten students. The intervention was carried out by applying the Force-Field Theory, which Kurt Lewin initiated. The implementation of this theory consists of three stages, namely (1) the unfreezing stage, (2) moving, and (3) refreezing. The results obtained after the intervention showed that both teachers and students internally desired to change for the better. Support from outside the school environment, in this case, the family, is also good. Constraints encountered are limited time and consistency of implementation in the long term considering that self-concept is a process that requires consistency in its implementation.

Keywords: training, Kurt Lewin method, student self-concept

 

Abstrak

Program kejar paket menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin melakukan penyetaraan Pendidikan. Sayangnya, stigma yang ada di masyarakat terkait program ini belum begitu baik. Akibatnya juga berdampak pada siswa yang menjadi peserta program kejar paket yang kurang memiliki konsep diri. Konsep diri penting dimiliki siswa agar Pendidikan yang berkualitas dapat tercapai. Melalui konsep diri yang baik maka apapun materi yang diberikan dapat diserap dengan optimal. Didasarkan pada urgensi tersebut maka penelitian ini hadir dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan metode kurt lewin dalam upaya peningkatan konsep diri siswa peserta kesetaraan kejar paket C di Denpasar Bali. Penelitian ini menggunakan metode observasi serta wawancara. Penelitian dilaksanakan secara langsung terhadap keseluruhan anak didik kejar paket C yang berjumlah 10 siswa. Intervensi yang dilakukan dengan penerapan teori Force-Field Theory yang dicetuskan Kurt Lewin. Implementasi teori ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap unfreezing, (2) moving, (3) refreezing.  Hasil yang diperoleh setelah dilakukan invervensi menunjukkan bahwa secara internal baik guru maupun siswa juga memiliki keinginan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Dukungan dari luar lingkungan sekolah dalam hal ini pihak keluarga juga baik. Kendala yang ditemui adalah keterbatasan waktu serta konsistensi pelaksanaan dalam jangka panjang mengingat bahwa konsep diri merupakan proses yang membutuhkan konsisten dalam pelaksanaanya.

Kata kunci: pelatihan, metode kurt lewin, konsep diri siswa

Keywords

training; kurt lewin method; student self-concept

Article Info

Artikel History: Submitted: 2021-09-03 | Published: 2021-12-30
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v11i3.4191
Vol 11, No 3 (2021) Page: 206-221

(*) Corresponding Author: Brigita Pujiwati, Magister Profesi Psikologi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia, Email: brigitapujiwati@gmail.com