ARTICLES
Efektivitas Pelatihan Metode Kurt Lewin Untuk Peningkatan Konsep Diri Siswa Peserta Kesetaraan Kejar Paket C di Denpasar Bali
Brigita Pujiwati1*, Rahma Widyana2
[1] Magister Profesi Psikologi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia. [2] Magister Profesi Psikologi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia.
Abstract
Keywords: training, Kurt Lewin method, student self-concept
Abstrak
Program kejar paket menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin melakukan penyetaraan Pendidikan. Sayangnya, stigma yang ada di masyarakat terkait program ini belum begitu baik. Akibatnya juga berdampak pada siswa yang menjadi peserta program kejar paket yang kurang memiliki konsep diri. Konsep diri penting dimiliki siswa agar Pendidikan yang berkualitas dapat tercapai. Melalui konsep diri yang baik maka apapun materi yang diberikan dapat diserap dengan optimal. Didasarkan pada urgensi tersebut maka penelitian ini hadir dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan metode kurt lewin dalam upaya peningkatan konsep diri siswa peserta kesetaraan kejar paket C di Denpasar Bali. Penelitian ini menggunakan metode observasi serta wawancara. Penelitian dilaksanakan secara langsung terhadap keseluruhan anak didik kejar paket C yang berjumlah 10 siswa. Intervensi yang dilakukan dengan penerapan teori Force-Field Theory yang dicetuskan Kurt Lewin. Implementasi teori ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap unfreezing, (2) moving, (3) refreezing. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan invervensi menunjukkan bahwa secara internal baik guru maupun siswa juga memiliki keinginan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Dukungan dari luar lingkungan sekolah dalam hal ini pihak keluarga juga baik. Kendala yang ditemui adalah keterbatasan waktu serta konsistensi pelaksanaan dalam jangka panjang mengingat bahwa konsep diri merupakan proses yang membutuhkan konsisten dalam pelaksanaanya.
Kata kunci: pelatihan, metode kurt lewin, konsep diri siswa
Keywords
Article Info
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v11i3.4191
Vol 11, No 3 (2021) Page: 206-221
(*) Corresponding Author: Brigita Pujiwati, Magister Profesi Psikologi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia, Email: brigitapujiwati@gmail.com