PENILAIAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DAN IMPLIKASI PENGELOLAANNYA

Tri Anjar(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author



Abstract

Sebagaimana telah dijabarkan dalam berbagai makalah sebelumnya, salah satu konsep perencanaan program BK yang baik adalah ’memungkinkannya dilakukan penilaian’. Sejumlah ketentuan dan rumusan tentang tatalaksana bimbingan konseling disetiap jenjang pendidikan pun pada akhirnya akan menyisakan pemikiran dalam benak kita tentang ”Bagaimana konsep dan pelaksanaan penilaian terhadap bimbingan konseling itu sendiri?

References


A. Muri Yusuf. 2000. Akuntabilitas Bimbingan dan Konseling, Makalah FIP UNP

A. Muri Yusuf. 2005. Evaluasi Pendidikan, Padang : UNP

Abdul Qhofur, Pedoman Umum Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian, Jakarta : Dikmenum, Ditjen Dikdasmen, 2003

Badrun Kartowagiran, Pedoman Khusus Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Psikomotor, Jakarta : Dikmenum, Ditjen Dikdasmen, 2004.

Djemari Mardapi, Pedoman Khusus Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif, Jakarta : Dikmenum, Ditjen Dikdasmen, 2004.

Djemari Mardapi, dkk. Pedoman Umum Pengembangan Silabus, Jakarta : Dikmenum, Ditjen Dikdasmen, 2003.

Furqon. 2005. Kecenderungan Baru dalam Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling, Makalah disajikan pada Konvensi Nasional XIV dan Kongres Nasional X ABKIN, ABKIN dan UNNES, Semarang 16 April 2005

Munandir, (tt), Program Bimbingan Karir Di Sekolah, Jakarta : Dirjen PT. Depdikbud.

Prayitno.1996. Seri Pemandu Pelayanan Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Ikrar Mandiri Abadi

Prayitno. Dkk. 2002. Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Prayitno. 2002. Panduan Umum Layanan Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Puskur Balitbangdiknas.

Prayitno. 2004. Layanan Profesional Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Puskur Balitbangdiknas.

Prayitno. 2009. Wawasan Profesional Konseling, Padang : UNP Press


Tri Anjar
Universitas Muhammadiyah Metro
Indonesia

 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document PENILAIAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DAN IMPLIKASI PENGELOLAANNYA
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Tri Anjar; Universitas Muhammadiyah Metro; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract Sebagaimana telah dijabarkan dalam berbagai makalah sebelumnya, salah satu konsep perencanaan program BK yang baik adalah ’memungkinkannya dilakukan penilaian’. Sejumlah ketentuan dan rumusan tentang tatalaksana bimbingan konseling disetiap jenjang pendidikan pun pada akhirnya akan menyisakan pemikiran dalam benak kita tentang ”Bagaimana konsep dan pelaksanaan penilaian terhadap bimbingan konseling itu sendiri?
 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Muhammadiyah Metro
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2012-09-13
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/359
 
10. Identifier Digital Object Identifier http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v2i1.359
 
11. Source Title; vol., no. (year) GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling; Vol 2, No 1 (2012): SEPTEMBER
 
12. Language English=en Id
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions

Authors who publish with GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling agree to the following terms:

Creative Commons License
GUIDENA: Journal Of Guidance And Counseling, Psychology, And Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. GUIDENA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.


All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in GUIDENA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of GUIDENA are required to cite the original source, including the author's names, GUIDENA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).