Abstract397 Views
PDF Article335 Views
Full Text: PDF




ARTICLES

PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2007/2008


Yuni Novitasari1*

[1] Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa, permasalahannya apakah layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen pre-test post-test one group, dengan menggunakan subjek penelitian sebanyak 8 orang siswa kelas VII SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2007/2008 yang memiliki motivasi belajar rendah.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan penggunaan layanan konseling kelompok. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan skor pre test 61.50 kemudian setelah dilaksanakan layanan konseling kelompok skor post test 72.13, yang berarti ada peningkatan skor sebesar 10.63.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1). Kepada guru pembimbing (Guru BK), hendaknya dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya dengan menggunakan layanan konseling kelompok, (2). Kepada peneliti lainnya, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai motivasi belajar terhadap subjek yang berbeda dengan menggunakan teknik/model konseling lainnya, (3). Tenaga kependidikan lainnya dapat menjadi motivator dan fasilitator belajar yang baik bagi siswa.

Article Info

Artikel History: Submitted: 2016-03-02 | Published: 2012-09-13
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v2i1.356
Vol 2, No 1 (2012) Page: 1-12

(*) Corresponding Author: Yuni Novitasari, Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia, Email: yunibkumm@gmail.com