Abstract860 Views
PDF Article1074 Views
Full Text: PDF




ARTICLES

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI (TINGKAT PRA SEKOLAH/TK) DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA


Rahmad Bustanul Anwar1*

[1] Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia.

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa subyek tidak mengalami kesulitan untuk menyelesaikan operasi perhitungan penjumlahan dalam bentuk gambar dan angka, sedangkan untuk pengurangan mengalami kesalahan perhitungan. Tetapi untuk penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal cerita, subyek belum mampu menyelesaikannya. Hal tersebut dikarenakan subyek belum mampu memaknai isi dari soal yang diberikan. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, alternatif yang diberikan pada saat penelitian adalah memberikan bimbingan untuk memaknai isi dari soal yang diberikan, setelah subyek dapat memaknai isi dari soal kemudian subyek diminta untuk menyelesaikan soal tersebut.


Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Anak Usia Dini.

Article Info

Artikel History: Submitted: 2016-03-02 | Published: 2011-09-13
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v1i1.354
Vol 1, No 1 (2011) Page:

(*) Corresponding Author: Rahmad Bustanul Anwar, Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia, Email: rarachmadia@gmail.com