Abstract350 Views
PDF Article786 Views
Full Text: PDF




ARTICLES

Penggunaan Warna terhadap Memori Jangka Pendek: Pendekatan Biopsikologi dalam Pembelajaran


Eka Damayanti1*, Nur Alamsyah2, Jamilah Jamilah3, Ainul Uyuni Taufiq4

[1] Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia. [2] Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia. [3] Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia. [4] Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan warna terhadap memori jangka pendek siswa. Penelitian kepustakaan ini berfokus pada tinjauan pustaka tentang warna dalam pembelajaran dan memori jangka pendek siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dari berbagai buku dan jurnal penelitian yang relevan. Kemudian dilakukan analisis data secara deskriptif naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan warna dalam pembelajaran mempengaruhi memori jangka pendek siswa, ditandai dengan meningkatnya fungsi biopsikologis pada siswa, lebih terkonsentrasi, tertarik untuk belajar, tidak cemas, lebih imajinatif, kreatif, dan produktif, serta melaksanakan tugas-tugas kognitif. dengan retensi yang baik.

Keywords

biopsikologi; ingatan jangka pendek; penggunaan warna

Article Info

Artikel History: Submitted: 2020-09-22 | Published: 2020-12-30
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v10i2.2993
Vol 10, No 2 (2020) Page: 99-112

(*) Corresponding Author: Eka Damayanti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia, Email: eka.damayanti@uin-alauddin.ac.id