Abstract128 Views





ARTICLES

Analisis Perbedaan Perilaku Mobbing antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan di SMK Jakarta


Nia Nurhaliza Ma'mur1*, Cici Yulia2, Nory Natalia3, Ahmad Syarkawi4

[1] Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia. [2] Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Indonesia. [3] Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Indonesia. [4] Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan perilaku mobbing pada peserta didik berdasarkan jenis kelamin di SMK di Jakarta. Metode penelitian adalah kuantitatif komparatif dengan uji statistik menggunakan Mann-Whitney U untuk mengetahui perbedaan perilaku mobbing bedasarkan jenis kelamin. Perilaku Mobbing adalah situasi di mana seorang individu menjadi sasaran perilaku negatif secara berulang dari sekelompok orang di lingkungan kerja, berupa tekanan, intimidasi, pelecehan, atau pengucilan yang dilaksanakan secara sistematis dan terus-menerus. Dalam penelitian ini responden diperoleh dari beberapa SMKN/S di wilayah DK Jakarta dengan indikator mobbing yang diukur adalah efek pada ekspresi diri dan komunikasi, kontak sosial, reputasi diri, situasi pekerjaan dan kualitas hidup, dan kesehatan fisik. Hasil uji Mann-Whitney U memperlihatkan perbedaan yang signfikan pada perilaku mobbing peserta didik berdasarkan jenis kelamin. Perbedaan signifikan perilaku mobbing terlihat dari skor mobbing laki-laki lebih tinggi daripada perempuan. Temuan ini mengindikasikan bahwa jenis kelamin memengaruhi cara siswa mengalami dan merespons perilaku mobbing. Dari hasil penelitian ini dapat menjadi need assesment untuk konselor atau guru pembimbing di sekolah sebagai pendekatan preventif dalam mengurangi perilaku mobbing. Maka sebab itu, hasil penelitian ini dapat sebagai acuan yang perlu diterapkan oleh pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif baik dilingkungan sekolah ataupun diluar sekolah.

Keywords

Guidance and Counselling; Psychology; Education

Article Info

Artikel History: Submitted: 2025-06-30 | Published: 2025-10-13
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v15i3.13380
Vol 15, No 3 (2025) Page:

(*) Corresponding Author: Nia Nurhaliza Ma'mur, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia, Email: nianurhaliza44@gmail.com