PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA METRO
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
The aims of the study was to apply the environment based learning model in an effort to improve students' science process skills. The research was conducted by the classroom action research on class X2 SMAN 2 Metro academic year 2011/2012 indicated that students' science process skills still have not shown good results. Because the achievement still under 50% with the percentage of students who reach the KKM (≥ 70%). The curriculum is currently implemented of KTSP where the teachers are required to be able to manage with the student centered learning. One model of learning which are student centered learning is environment based learning model. The results show that the science process skills increase from 50.00% to 79.45% increase of 29.45%. Based on the results of research can be concluded that the study uses a model-based learning environment can improve the skills sains process.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Keterampilan Proses Sains
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
.2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Barlian, Ikbal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Palembang: Percetakan Universitas Sriwijaya.
Dabutar, Jelarwin. 2010. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pengelasan Pada Siswa Yang Berprestasi Tinggi Dan Rendah Di Smk Swasta 1 Trisakti Laguboti-Kabupaten Toba Samosir. (Online).(http://smpn1 nainggolan.blogspot.com/2010/01/pengaruh-media-pembelajaran-terhadap.
html. Diakses 3 Juni 2011).
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamzah. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.
Hendriani. 2004. Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar . Depdiknas: PPPG IPA.
Johariah. 2009. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Observasi Lingkungan Yang didesain sebagai Sumber Belajar Biologi pada Siswa SMK Negeri 1 Simpang Pematang. TP 2008/2009.Skripsi Tidak diterbitkan. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.
Karwono. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuningsih, Tri. 2010. Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Biologi di SMP Negeri 3 Raman Utara. TP 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v3i1.209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedukasi : e-ISSN (2442-9805), p-ISSN (2086-4701)
Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Metro, Lampung, Indonesia
(Phone1) +6285292078488 (Email1) bioedukasi.ummetro@gmail.com
(Phone2) +6281272920110
Bio Statistik
VIEW MY STATE (Pengunjung Kami)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.