IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Apdelmi Apdelmi, Tri Ayu Fadila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa melalui pembelajaran Sejarah dengan menggunakan metode sosiodrama. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 pertemuan dan tiap siklusnya masing-masing melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian sikap nasionalisme menggunakan metode sosiodrama. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, penilaian penampilan skenario dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata persentase berdasarkan hasil pengamatan sikap nasionalisme siswa pada siklus I yaitu 50% dan pada siklus II meningkat yaitu 77%. Sedangkan mengenai proses pembelajaran sejarah pada siklus I dengan presentase 44,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 71%.
Berdasarkan data penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Implemenatasi Metode Sosiodrama dapat meningkatkan sikap nasionalisme siswa terhadap pembelajaran sejarah.


References


Abdurachman, Paramita R. 2008. Bunga Angin Portugis di Nusantara: Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Chotib dan Djazuli. 2007. Kewarganegaraan Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ensiklopedia Nasional Indonesia. 1990. Jakarta : Cipta Adi Pustaka.

Hamzah B. Uno. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi. Aksara.

Ilahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Latief, Juraid Abdul. 2006. Manusia, Filsafat dan Sejarah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudjiono. 2008. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sanusi, Achmad. 1988. Kapita Selekta Pembahasan Masalah Sosial dan Pendidikan. Bandung: Depdikbud FPS IKIP Bandung.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2005. Penlaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Suhartono. 1994. Sejarah Pergerakan Nasional, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Tuahunse, Trisnowaty. 2008. Sikap Nasionalisme dalam Pemahaman Makna Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. INOVASI, Volume 5, Nomor 2, Juni.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v5i2.912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA (p-ISSN: 2337-4713, e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

phone (+6285725254204) (kromowijoyo@gmail.com)

phone (+6282373738962) (kianamboro@gmail.com)

 

Creative Commons License
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA is Indexed by: (click on the image)

        University of OxfordLIVIVOScholarsteerSHERPA RomeoCopac JISTThe University of Manchester The University of SheffieldUniversity of Saskatchewan-CanadaLeiden University LibrariesHarvard LibraryColumbia University Libraries

Historia: Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah

Historia Stats


Free counters!