EKSISTENSI JEMBATAN AMPERA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI MASYARAKAT ULU PALEMBANG TAHUN 1950-2010

Kabib Sholeh, Dina Sri Nindiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi masyarakat Ulu dan Ilir pra dibangunnya jembatan Ampera, untuk menganalisis sejarah pembangunan jembatan Ampera dan pengaruhnya terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat Ulu tahun 1962-2010 di Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah (historis), dengan berbagai pendekatan keilmuan seperti pendekatan antropologis, sosiologis, ekonomologis dan geografis. Adapun tahapan pertama, heuristik, pengumpulan sumber atau data dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Kedua, verifikasi, adalah memilih dan memilah sumber yang terkumpul dengan melakukan kritik intern dan ekstern, ketiga, interpretasi adalah analisis data yang dibantu dengan pendekatan antropologi, sosiologi, ekonomi dan geografis. Keempat, historiografi, tahap terakhir yaitu pemaparan atau penulisan sejarah. Hasil penelitian ini adalah, kondisi pra pembangunan jembatan Ampera tahun 1962, kondisi Ilir dan Ulu mengalami ketidak seimbangan pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial dan budaya. Pasca dibangunnya jembatan Ampera tahun 1962 maka besar harapan masyarakat untuk perkembangan masyarakat Ulu yang lebih maju lagi tetapi perkembangan tersebut sampai tahun 2000-an masih berjalan ditempat. Pasca tahun 2000 maka pemerintah dengan akses jembatan Ampera yang mudah untuk menyeberangi ke wilayah Ulu, pemerintah melakukan reklamasi besar-besaran terhadap wilayah Ulu. Dengan demikian masyarakat Ulu mulai merasakan perkembangan dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya. Kondisi demikian secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap proses menyeimbangkan kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Ulu dengan Ilir yang berjalan dengan pasti.

References


Akib, R.M. (1956). Kota Palembang 1272 Tahun dan 50 Tahun Kotapradja (Haminte) Palembang. Palembang: Rhama.

Arsip Nasional. No.361, hl. 14 dan Arsip Nasional Tahun 1943, hl. 24.

Alfitri, (2012). Situasi Sosial Kampung Kapiten dan Kampung Arab di Pinggiran Sungai Musi. Jurnal: Media Sosiologi Universitas Sriwijaya, Vol. 15. Hlm. 30.

Amilda, dkk. (2012). Musi Menjalin Peradaban Warisan Budaya Sebagai Identitas. Palembang: Balai Arkeologi Palembang bekerja sama dengan Tunas Gemilang Press.

Abdurrahman, Dudung. (1999). Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Branch, Melville. (1996). Perencanaan Kota Komprehensif, Terj. Bambang Hari Wibisono, Gajah Mada University Prees.

Budihardjo, Eko. (1997). Tata Ruang Perkotaan, Bandung: Alumni.

Kedaulatan Rakyat, 19 Djuli 1960.

Irwanto, Dedi. (2010). Iliran dan Uluan : Dikotomi dan Dinamika Sejarah Kultural Palembang, Yogyakarta: Eja Publisher.

Irwanto, Dedi. (2011). Vanisia Dari Timur: Memaknai Produksi dan Reproduksi Simbolik Kota Palembang dari Kolonial sampai Pasca Kolonial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Irwanto, Dedi. (2005). Mamang dan Belanda (Goresan-goresan Wajah Sosial-Ekonomi dan Kependudukan Sumatera Selatan Zaman Kolonial dan Refleksinya pada hari ini), Palembang:UNSRI.

Irwanto, Dedi. (2006). Laporan Penelitian: Politik Identitas Soekarno dan Ideologi (Imajinasi Sosial) Jembatan Ampera: Sebuah Simbolisme Palembang (Baru) 1945-1960 (Belum diterbitkan). Palembang: Univ. PGRI Palembang.

Ismail, Arlan. (2004). Marga di Bumi Sriwijaya: Sistem Pemerintahan, Kesatuan Masyarakat Hukum Daerah Uluan Sumatera Selatan, Palembang:Unanti Press.

Sjamsuddin, Helius. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Wicaksono. (2003). Kajian Perkembangan Kawasan Seberang Ulu Sebagai Arahan Pengembangan Kota Palembang bagian Selatan, Diponegoro: Univ. Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v6i2.1523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA (p-ISSN: 2337-4713, e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

phone (+6285725254204) (kromowijoyo@gmail.com)

phone (+6282373738962) (kianamboro@gmail.com)

 

Creative Commons License
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA is Indexed by: (click on the image)

        University of OxfordLIVIVOScholarsteerSHERPA RomeoCopac JISTThe University of Manchester The University of SheffieldUniversity of Saskatchewan-CanadaLeiden University LibrariesHarvard LibraryColumbia University Libraries

Historia: Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah

Historia Stats


Free counters!