EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN WEB DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Andini Dwi Rachmawati, Baiduri Baiduri, Moh. Mahfud Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan web dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kemlagi tahun ajaran 2019/2020 semeserta genap. Jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Penelitian ini termasuk penelitian pra-eksperimental menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan web dilaksanakan dalam enam kali tatap muka dan satu kali pemberian tes akhir (post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan web dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan web dari nilai rata – rata angket respon peserta didik mencapai  dengan kategori sangat baik. Perhitungan N-gain adalah  dengan kategori sedang. Uji Paired Sample T-test memperoleh hasil tingkat signifikansi  (efektif). Hal ini menunjukkan bahwa antara pre-test sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif dan post-test setelah menggunakan media pembelajaran interaktif mengalami perbedaan yang signifikan Berdasarkan hasil beberapa uji disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan web efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.

 

This study aims to describe the effectiveness of the use of web-assisted interactive learning media in developing creative thinking skills. The population of this study were students of class VIII SMPN 1 Kemlagi in the 2019/2020 academic year as well as even. The number of students was 32 people. This research includes pre-experimental research using the One Group Pretest-Posttest Design. Learning using web-assisted interactive learning media is carried out in six face-to-face and one post-test. The instrument used in this study was a student response questionnaire to the use of web-assisted interactive learning media and tests of creative thinking skills. The results showed that the effectiveness of the use of web-assisted interactive learning media from the average value of the students' questionnaire responses reached 88.36% in the very good category. The N-gain calculation is 0.51 in the medium category. The Paired Sample T-test resulted in a significance level of 0.00 <0.05 (effective). This shows that between the pre-test before using interactive learning media and the post-test after using interactive learning media experiences a significant difference. Based on the results of several tests it is concluded that web-assisted interactive learning media is effective in developing creative thinking skills.


Keywords


efektif; kemampuan berpikir kreatif; media pembelajaran interaktif berbantuan web; effective; creative thinking skills; web-assisted interactive learning media

References


Arumsarie, R. A., Kusumaningsih, W., & Sutrisno. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Trigonometri. Media Pendidikan Matematika, 12(1), 65–75.

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409–424.

Bagherzadeh, Z., Keshtiaray, N., & Assareh, A. (2017). A brief view of the evolution of technology and engineering education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(10), 6749–6760.

Fitri, M., Sibuea, L., & Handayani, M. (2019). Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika ( Monotika ) Siswa. Jurnal Education and Development, 7(4), 41–48.

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1).

Hasanah, R. U. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Geometris Siswa Kelas VIII. Axiom, VIII(1), 50–63.

Kadir, Lucyana, G. S. (2017). the Implementation of Open-Inquiry Approach To Improve Students ’ Learning Activities , Responses , and. Journal on Mathematics Education, 8(1), 103–114.

Maharani, A. (2017). Analisis Pengembangan Soal Tes Evaluasi Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Siswa SMK pad Materi Geometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3).

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268.

Munahefi, D. N., Waluya, S. B., & Rochmad. (2018). Analysis of Creative Mathematic Thinking Ability in Problem Based Learning Model Based on Self- Regulation Learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 1–5.

Novianti, V., Utomo, D. P., & Dintari, M. (2019). Development of Web - Based Interactive Learning Media on Lines and Angles Material in 7th grade of Junior High School. Mathematics Education Journals, 3(1), 62–71.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, 42(2), 99–109.

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2019). Analysis of Students ’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60.

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53.

Rahmawati, N. D., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Mata Kuliah Matematika SMA. JKPM, 3(2), 27–36.

Rizal, A. S., Rahmat, M., & Rizal, A. S. (2016). Efektivitas Multimedia Interaktif Flash Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 14(2), 165–183.

Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas. Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416.

Saputra, P. R. (2017). Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra dan Cabri Ditinjau dari Prestasi Belajar, Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 59.

Selvy, Y., Ikhsan, M., Johar, R., & Saminan. (2020). Improving students’ mathematical creative thinking and motivation through GeoGebra assisted problem based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1).

Sowden, P. T., Pringle, A., & Gabora, L. (2015). The shifting sands of creative thinking: Connections to dual-process theory. Thinking and Reasoning, 21(1), 40–60.

Sugianto, Hayati, F., & Junitasari. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Pendidikan Tambunsai, 2(6), 1678–1686.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–73.

Syukuria, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Materi Dimensi Tiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 6(1), 51–66.

Talakua, C., & Sesca Elly, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi. Biodik, 6(1), 46–57.

Yanti, N. (2015). Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas. Al-Ishlah, 7(2), 347–360.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Refbacks



Indexing by: