PENGEMBANGAN SPACE GEOMETRY FLIPBOOK AUDIO VISUAL BERBASIS LITERACY DIGITAL UNTUK SISWA SMP

Siti Nur Hasanah, Moh. Mahfud Effendi, Octavina Rizky Utami Putri

Abstract


bertujuan untuk menghasilkan media space geometry flipbook (SGF) audio visual berbasis digital literacy untuk siswa SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan research and development dengan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation yang berorientasi pada produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang  berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar angket, lembar observasi, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukan  bahwa media SGF yang dikembangkan valid menjadi sarana belajar siswa. Media ini praktis digunakan karena siswa mampu mengoperasikan media dengan lancar, serta 74 % siswa dapat menyelesaikan soal evaluasi dengan ketercapaian skor minimal 70. Hasil observasi pada siswa memperoleh persentase 78,25% terkait ketercapaian digital literacy.  

 

Abstract

This study aims to produce a valid, practical, and effective media space geometry flipbook (SGF) based on digital literacy for junior high school students. This type of research is research and development with the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation that are product-oriented. The subjects in this study were high, medium, and low-ability junior high school students. The instruments used include validation sheets, questionnaire sheets, observation sheets, and evaluation tests. The results showed that the developed SGF media was valid as a means of learning for students. This media is practical to use because students can  operate the media smoothly, and 74% of students can complete evaluation questions with a minimum score of 70. The observation results in students obtained a percentage of 78.25% related to the achievement of digital literacy.


Keywords


Audio visual; Digital Literacy; Pengembangan; Space Geometry Flipbook;Audio visual; development; digital literacy; space geometry flipbook

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Ainiyah, L. A., & Sugiyono. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Geometri Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(1), 10.

Andini, S., Fitriana, L., & Budiyono, B. (2018). Geometry in flipbook multimedia, a role of technology to improve mathematics learning quality: The case in madiun, east Java. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012077

Assar, S. (2015). Information and Communications Technology in Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92104-4

Astuti, I. P. (2019). Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Discovery Learning Terbimbing Berbantuan Media Serbaneka. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 2(September). Retrieved from http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

Chaidar, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Development of Picture Media Based on Local Potency for Learning Materials Biodiversity in. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5176

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Dicovery Learning Berbantuan Fipbook Maker Uuntuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah, 14(2), 160–180.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, IV, 49–54.

Iswara, N., Ariyanto, & Sutarni, S. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto Tahun Ajaran 2011/2012. Fkip Ums, 1–17. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/21128/17/Naskah_Publikasi.pdf

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. Retrieved from http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069

Lestari, E., Sunardi, & Suryani, N. (2017). Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika. Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(01), 16–25.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Puspa Putri, D. A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2230

Putri, O. R. U., & Zukhrufurrohmah, Z. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN KALKULUS BERCIRIKAN REPRESENTASI MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2259

Rahayu, T., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan awal literasi digital dalam pembelajaran fisika siswa SMK Kota Madiun. Seminar Nasional Quantum, 25, 431–437. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/download/294/244

Setyono, T., Eka, L., Deswita, H., & Belakang, A. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian, 2(1), 1–10.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Syarifuddin, & Muadip. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Bahasa SMA Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor. Jurnal Educate, 1(1), 77–102.

Tim GLN Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43. Retrieved from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-Digital.pdf

Triastuti, D., Irawan, edi bambang, & Akbar, S. (2017). Penggunaan Media Papan Permainan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Penggunaan Media Papan Permainan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar, 1–7.

Willy Arif Indhaka, Eko Supraptono, N. S. (2016). Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Android Dalam Materi Ajar Besaran Dan Satuan. Didaktikum : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 17(2), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: